Seskab Pramono Ungkap Cawe-Cawe Jokowi untuk Pastikan Kelanjutan IKN

Selasa, 30 Mei 2023 | 17:11:39 WIB
Presiden Jokowi.

GLOBALKEPRI.COM. JAKARTA - Sekretaris Kabinet Pramono Anung meyakini cawe-cawe politik yang akan dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi), tak akan pengaruhi hasil Pemilu 2024. Dia menyebut, cawe-cawe tersebut dilakukan untuk memastikan penyelenggaraan pemilu 2024 berjalan dengan jujur dan adil.

"Enggak, bukan cawe-cawe kemudian untuk mempengaruhi hasil pemilu sama sekali enggak. Cawe-cawe itu menciptakan pemilunya berlangsung dengan baik," kata Pramono kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (30/5).
Dia pun mengatakan, cawe-cawe Jokowi untuk memastikan keberlanjutan program pemerintahaan yang saat ini tengah berjalan. Termasuk, pembangunan Ibu Kota Negara baru (IKN).

"Apa yang menjadi keinginan beliau untuk hilirisasi tetap berlanjut, IKN bisa dilanjutkan dengan baik. Karena memang IKN juga mendapatkan antusias yang luar biasa dari investor dari luar negeri," ungkapnya.
"Dan waktu di Hirosima, Jepang secara khusus juga ingin menanamkan investasinya di IKN. Sehingga demikian dalam konteks itulah hilirisasi IKN transparansi dan sebagainya," sambung dia.

Lebih lanjut, dia juga menegaskan, jika cawe-cawe yang dimaksud Jokowi bukan untuk mendukung salah satu capres di Pilpres 2024. Bahkan, dia menjamin Jokowi tidak akan melakukan endors kepada siapapun capres.

"Cawe-cawe kan bukan cawe-cawe untuk memberikan dukungan kepada siapa, tapi untuk menciptakan iklim demokrasi berjalan lebih baik dan tidak melanggar peraturan apapun. Presiden enggak akan mengendorse," imbuh Pramono.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengakui bahwa dirinya cawe-cawe atau ikut-ikutan demi kepentingan bangsa dan negara. Namun, Jokowi tidak menjelaskan maksud cawe-cawe tersebut.
Hal itu disampaikan Jokowi saat bertemu para pemimpin redaksi media massa di Istana Negara, Jakarta, Senin (29/5).

Awalnya, Jokowi membahas soal momentum negara dalam 13 tahun ke depan, sehingga dibutuhkan pemimpin agar Indonesia tumbuh positif.

"Jadi Pak Jokowi menegaskan saya tidak netral dalam hal ini. 'Memang betul saya cawe-cawe tapi untuk kepentingan nasional'," kata kata GM News and Curent Affairs Kompas TV Yogi Nugraha usai pertemuan di Istana Negara.
 

Tags

Terkini