Ponsel tak Pernah Mati? Coba Matikan Sepekan Sekali, Ini Manfaatnya

Ponsel tak Pernah Mati? Coba Matikan Sepekan Sekali, Ini Manfaatnya
Mematikan ponsel sekali dalam sepekan bisa membawa manfaat baik.

GLOBALKEPRI.COM. JAKARTA -- Menjalani hari tanpa menggunakan ponsel mungkin bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan di era digital ini. Padahal, mematikan ponsel sesekali dalam sepekan bisa membawa manfaat tersendiri.
Dilansir dari slashgear, Rabu (15/6/2022), salah satu dari manfaat tersebut adalah dapat memelihara masa penggunaan ponsel. Mematikan ponsel sesekali juga bisa membuat performa ponsel terjaga dengan lebih optimal.
Banyak ahli yang juga tak merekomendasikan ponsel dibiarkan menyala terus-menerus. Pemilik ponsel pintar disarankan untuk mematikan ponsel mereka minimal satu kali dalam sepekan.

Saat dimatikan, biarkan ponsel dalam keadaan mati selama sekitar dua menit sebelum dinyalakan kembali. Trik ini dapat membantu menghapus cache dan menutup berbagai aplikasi yang membuat ponsel menjadi lambat.

Manfaat lain dari mematikan ponsel sesekali adalah dapat mencegah terjadinya memory leak. Memory leak merupakan masalah yang umum terjadi ketika sebuah aplikasi membutuhkan memori dalam jumlah tertentu untuk bekerja, akan tetapi aplikasi tak melepas kembali memori tersebut ketika sudah tak lagi digunakan.

Memory leak merupakan salah satu masalah yang cukup sering menyebabkan ponsel pintar jadi melambat. Memory leak juga bisa menyebabkan masalah seperti adanya penggunaan memori meski aplikasi tak digunakan, serta ponsel menjadi lebih sering mengalami crash.

Di samping itu, mematikan ponsel merupakan kebiasaan yang bisa membuat baterai ponsel lebih awet. Baterai lithium yang umum digunakan pada ponsel bisa bertahan selama 300-500 siklus pengisian daya. Seiring waktu, kapasitas pengisian daya baterai akan menurun.

Manfaat untuk Kesehatan

Bagi banyak orang, ponsel pintar telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan. Ponsel pintar bahkan kerap menjadi hal pertama yang dicari oleh banyak orang sesaat setelah bangun tidur.

Meski ponsel pintar dapat mempermudah banyak hal dan membawa manfaat tersendiri, penggunaan ponsel pintar dalam waktu yang lama juga bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan fisik dan mental. Dari segi kesehatan mental, durasi penggunaan ponsel pintar yang lama bisa mempengaruhi kepercayaan diri, hubungan dengan orang lain, kreativitas, kemampuan untuk memberikan atensi atau perhatian, dan daya ingat.

Selain itu, penggunaan ponsel pintar yang terlalu lama juga dapat meningkatkan kadar hormon stres di dalam tubuh. Kondisi ini dapat mempengaruhi seseorang untuk membuat pilihan yang kurang menyehatkan dan memicu terjadinya insomnia atau kesulitan tidur akibat paparan cahaya biru dari ponsel sebelum tidur.

 

#Kesehatan

Index

Berita Lainnya

Index