Prabowo-Gibran Resmi Pasangan Capres dan Cawapres Pemilu 2024

Prabowo-Gibran Resmi Pasangan Capres dan Cawapres Pemilu 2024
Prabowo dan Gibran. (net)

GLOBALKEPRI.COM.JAKARTA- Ketua Umum (Ketum) Gerindra sekaligus bacapres Prabowo Subianto telah memutuskan cawapres pendampingnya di pilpres. Prabowo mengumumkan Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapresnya.

"Kita telah berembuk secara final secara konsensus seluruhnya sepakat mengusung Prabowo Subianto sebagai capres Koalisi Indonesia Maju untuk 2024-2029 dan Saudara Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapres dari Koalisi Indonesia Maju," ujar Prabowo di kediamannya, Jakarta Selatan, Minggu (22/10/2023).

Prabowo menegaskan tak ada yang perlu ditanyakan lagi mengenai keputusan tersebut. Dia kembali menyatakan keputusan tersebut merupakan konsensus dari parpol KIM.

"Tidak perlu ada yang ditanyakan lagi ini keputusan, afirmasi bulat dan konsensus dan kita siap maju untuk Indonesia Maju," ujar dia.

Diketahui, para ketua umum partai politik (ketum parpol) Koalisi Indonesia Maju (KIM) berkumpul di rumah bakal capres Prabowo Subianto malam ini. Mereka menggelar rapat finalisasi terkait cawapres.

Dalam kurun dua waktu terakhir, Gibran bergerak menemui ketum-ketum parpol KIM yang mengusung Prabowo. Gibran menemui Ketum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) dan Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di kediaman mereka masing-masing. Gibran juga menemui Ketum Golkar Airlangga Hartarto di acara Rapimnas Golkar.

Prabowo Ngaku Sudah Izin ke Jokowi

Sebelumnya, Prabowo Subianto mengaku sudah komunikasi dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi terkait dinamika politik di koalisinya yang santer mengusung Gibran sebagai bacawapres. Prabowo menyebut dirinya sebagai warga Indonesia tentu menghormati adat budaya kulo nuwun atau permisi. Termasuk ketika Golkar sebagai salah satu partai koalisi pengusungnya memutuskan Gibran sebagai bakal cawapres pendamping dirinya.

"Ya tentunya sebagai orang Indonesia dengan adat budaya kita, tentunya pasti kita menyampaikan keinginan dari partai-partai dan usulan kita," ujarnya usai meresmikan Rumah Sakit Kodam V/Brawijaya di Surabaya, Minggu (22/10). (dtc)

#Nasional

Index

Berita Lainnya

Index