Total 19 Ribu STB Akan Dibagikan Secara Gratis ke Masyarakat Batam

Total 19 Ribu STB Akan Dibagikan Secara Gratis ke Masyarakat Batam
Set Top Vox (STB)

GOLBALKEPRI.COM. Batam - Sebanyak 19 ribu masyarakat Kota Batam terdata sebagai penerima Set Top Vox (STB) televisi digital gratis. Hal ini berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di Kementerian Sosial (Kemensos) RI yang menjadi rujukan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kenminfo) RI.

"Penerima STB ini memang harus berdasarkan DTKS di tiap kecamatan penerima bantuan sosial. Jadi memang seperti itu prosedurnya. Jadi untuk sementara ini tidak lewat daerah bisa dari Kenminfo atau melalui Kantor pos," kata Kepala Diskominfo Kota Batam, Azril Apriansyah, Sabtu (18/6/2022).

Azril mengatakan, sesuai dengan data ada sebanyak 19 ribu lebih STB yang akan dibagikan untuk 12 Kecamatan se-Kota Batam. Sedangkan, untuk operator televisi juga sudah ditunjuk baik milik pemerintah maupun swasta.

Lanjut Azril, wacana migrasi TV analog ke TV digital sudah dibahas pada rapat virtual yang digelar oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kenminfo) bersama Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bersama dengan daerah lainnya.

Tercatat ada beberapa usulan yang disampaikan salah satunya STB yang disalurkan harus tepat sasaran, jalur distribusi STB, sosialiasi peralihan televisi analog ke televisi, dan lainnya.

"Tapi waktu rapat virtual ada juga Kemendagri, mereka nawari untuk daerah bisa melewati Kemendagri. Tapi belum ada kelanjutannya seperti apa. Jadi daerah masih menunggu karena bantuan ini langsung disalurkan Kenminfo," ujarnya.

Sementara, total STB untuk Provinsi Kepri berjumlah 31.815, dibagi empat daerah, antara lain Tanjungpinang 4.836 STB, Batam 19.638 STB, Bintan 3.047 STB, dan Karimun 4.300 STB.

Di lokasi berbeda, Staf Khusus Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rosarita Niken Widiastuti mengungkapkan, bahwa penyelenggara mux digital harus mempunyai komitmen untuk memberikan bantuan STB kepada rumah tangga miskin.

"Jadi masyarakat yang biasanya menerima bantuan PKH nantinya akan mendapatkan bantuan STB gratis. Tapi masyarakat rumah tangga miskin ini tidak perlu mendaftar karena datanya sudah ada di Kominfo yang bersumber dari Kementerian Sosial," kata Niken.

#Kepri

Index

Berita Lainnya

Index