Wali Kota Batam Kurban 1 Ekor Sapi di Masjid Agung Batam Center

Wali Kota Batam Kurban 1 Ekor Sapi di Masjid Agung Batam Center
Kandang sapi qurban di kawasan Masjid Agung Batam Center. (Aldy/BTD)

GLOBALKEPRI.COM. BATAM - Ketua Panitia Hari Raya Idul Adha, Masjid Agung Batam, Muhammad Jasrol mengatakan tahun ini Wali Kota Batam, Muhammad Rudi kembali melaksanakan ibadah kurban di Masjid Agung Batam. Satu ekor sapi dengan bobot kurang lebih 600 kilogram merupakan milik dari Kepala BP Batam tersebut.

"Alhamdulillah, tahun ini Pak Wali masih ikut berkurban di sini. Nanti usai salat idul adha, beliau akan langsung menuju masjid untuk menyaksikan pemotongan hewan kurban bersama keluarga," kata Muhammad jasrol, Jumat (8/7/2022).

Panitia Hari Raya Idul Adha Masjid Agung Batam mencatat enam hewan kurban sapi, dan enam hewan kurban kambing dalam menyambut hari raya kurban, Minggu (10/7/2022) mendatang.

Jumlah hewan kurban tahun ini terbilang sama dengan tahun lalu. Meskipun dibeberapa masjid terjadi penurunan, karena keterbatasan hewan di Batam, akibat mewabahnya penyakit mulut kuku (PMK)

Selain Wali Kota Batam, tahun ini panitia kembali menerima peserta kurban dari Singapura. Tiga ekor kambing merupakan kurban dari warga negara Singapura di Masjid Agung Batam.

Pelaksanaan penyembelihan hewan kurban akan dilaksanakan usai salat Idul Adha, berdasarkan data sementara total daging yang didapatkan dari jumlah hewan kurban tersebut adalah 2.400 kilogram. Nantinya daging tersebut akan dibagikan kepada masyarakat yang berada di daerah sekitar masjid, dengan berkoordinasi dengan perangkat RT/RW.

"Jadi tahun ini tidak ada lagi kupon yang kami bagikan. Pendistribusian daging langsung dilakukan oleh panitia dengan cara diantar. Mereka yang menerima berdasarkan proposal yang masuk, dan tentunya mereka yang berhak menerima sesuai dengan koordinasi kami dengan perangkat RT/RW," jelasnya.

Jasrol menambahkan, terdapat sedikitnya 800 paket atau kantong daging yang akan didistribusikan nantinya. Ia menambahkan sapi yang akan dipotong di masjid raya merupakan stok tahun lalu, dan tidak termasuk dalam pengiriman dari Lampung tengah beberapa waktu lalu.

"Sapi saat ini ada di Barelang. Jadi memang stok ini merupakan dari tahun lalu. Meskipun begitu tetap menjalani tes kesehatan, guna memastikan kesehatan hewan kurban tersebut. Sejauh ini kondis hewan kurban sehat," jelasnya.

Wakil Sekretaris Masjid Agung ini juga menyebutkan, sesuai dengan aturan, hewan kurban akan tiba di masjid satu hari menjelang hari raya kurban atau Sabtu (9/7/2022). Selain Wali Kota Batam, peserta kurban juga berasal dari Panbil Grup, Bank Riau Kepri, Kandang Berkah, hingga peserta dari Singapura.

Ia mengimbau kepada masyarakat untuk tidak mengantre di masjid untuk mendapatkan daging kurban. Hal ini karena pihak panitia sudah berkoordinasi dengan RT/RW setempat.

"Untuk itu, jika memang membutuhkan daging kurban, silakan hubungi perangkat RT dan daftarkan diri sebagai penerima daging kurban ini," pungkasnya.
 

#Kepri

Index

Berita Lainnya

Index