Sinergi BNN Karimun dan Insan Media Dukung Kota Tanggap Anti Narkoba

Sinergi BNN Karimun dan Insan Media Dukung Kota Tanggap Anti Narkoba
BNN Karimun gelar workshop 'Tanggap Terhadap Ancaman Narkoba' bersama insan media. (Freddy/BTD)

GLOBALKEPRI.COM. KARIMUN - Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Karimun menggelar workshop 'Tanggap Terhadap Ancaman Narkoba' dengan tema: Penguatan Kapasitas Insan Media untuk Mendukung Kota Tanggap Anti Narkoba yang digelar di Hotel Maximilian, Jumat (15/7/2022).

Workshop tersebut diikuti puluhan wartawan dari berbagai organisasi dengan menghadirkan narasumber dari Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Karimun, Ramson Padang dan Freddy dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Karimun.

Pada kesempatan itu Ramson Padang menyampaikan berbagai hal yang berkaitan dalam hal pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba.

Menurutnya, pemerintah daerah telah membuat beberapa peraturan terkait Rencana Aksi Nasional (RAN) Pencegahan, Pemberantasan dan penyalahgunaan dan pasar gelap narkoba (P4GN) pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkotika, serta Psikotropika dan zat adatif lainnya.

"Sebenarnya sudah banyak kegiatan terkait P4GN yang dilakukan pemerintah daerah melalui Badan Kesbangpol Kabupaten Karimun, namun tidak banyak yang tahu karena mungkin tidak banyak yang tereskspos ke media massa," ujar Ramson.

Sementara, pengurus PWI Karimun, Freddy mengatakan bahaya penyalahgunaan narkoba merupakan tanggungjawab bersama, termasuk di dalamnya insan media.
Peranan media tentunya berbeda dengan stakeholder lainnya seperti BNNK, kepolisian, kejaksaan, pengadilan, pemerintah daerah dan masyarakat. Adapun peranan media lebih kepada penyampaian informasi melalui publikasi yang dibuat dalam suatu bentuk pemberitaan.

"Untuk memperoleh informasi terkait P4GN, sebaiknya insan media harus bersinergi dengan stakeholder lainnya," ujarnya.

Ia menjelaskan, untuk mendukung program Kota Tanggap Anti Narkoba dan P4GN, seharusnya insan media lebih masif lagi dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat luas akan bahayanya penyalahgunaan narkoba.

Terpisah, Tsania, dari BNNK Karimun memberikan apresiasi kepada insan media yang cukup antusias dalam kegiatan ini. Dimana pihaknya telah melaksanakan banyak kegiatan untuk pencegahan bahaya narkotika. Namun karena tidak di ekspos insan media sehingga tidak banyak yang tahu.

"Peran serta insan media secara masif melakukan publikasi dan edukasi kepada masyarakat akan bahaya dari dampak yang ditimbulkan penyalahgunaan narkoba sangatlah kita harapkan," tutupnya.

#Kepri

Index

Berita Lainnya

Index