Gubernur Ansar Ingin Kepri Jadi Pilot Project Bersih dari Narkoba

Gubernur Ansar Ingin Kepri Jadi Pilot Project Bersih dari Narkoba
Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, saat menyampaikan kata sambutan pada peluncurkan Panbil Kawasan Industri Bersih dari Narkoba (Bersinar)

GLOBALKEPRI.COM. BATAM - Gubernur Ansar Ahmad berharap Provinsi Kepri bisa menjadi pilot project bersih dari narkoba. Hal ini disampaikan saat menghadiri peresmian Panbil Bersih dari Narkoba (Bersinar).

Di mana, kawasan industri Panbil merupakan kawasan industri pertama yang melauching sebagai kawasan bersih narkoba di Indonesia.

Gubernur Ansar Ahmad menyampaikan, di Kepri terdapat 37 kawasan industri, sebagian besar dari kawasan tersebut, merupakan kawasan yang bersekala internasional. "Sekitar 234 ribuan karyawan, yang dikaryakan di sejumlah kawasan tersebut. Ini merupakan pasar atau daya tarik para bandar narkoba, oleh karena itu, dengan dimulainya dari Panbil Bersinar, ini merupakan langkah awal yang sangat baik, dalam memerangi narkoba pada kawasan industri," ujar Ansar Ahmad di Best Western Premier (BWP) Panbil, Mukakuning, Kota Batam, Jumat (22/7/2022).

Gubernur Ansar menjelaskan, kawasan industri merupakan kawasan strategis, saat melakukan recovery ekonomi, peran penting dari kawasan industri merupakan hal yang sangat mendukung. Dibuktikan pada 2021 ekonomi tumbuh sebesar 3,41 persen.

"Saat pandemi Covid-19, salah satu sektor yang bisa bertahan adalah kawasan industri, biarpun juga terimbas, akan tetapi merupakan kawasan industri merupakan penopang pertumbuhan ekonomi," terang Ansar Ahmad.

Mantan Bupati Bintan dua periode ini, memaparkan apa yang dilakukan di Kawasan Industri Panbil, bisa menjadi contoh bagi kawasan industri lainnya di Provinsi Kepri. Hal ini berguna untuk menjaga kwalitas dan kreativitas sumber daya manusia (SDM) di kawasan tersebut.

"Persoalan narkoba memeliki dampak spektrum yang sangat besar. Ketergantungan dari narkoba merupakan penghambat dari kreativitas bagi pelaku usaha di kawasan industri," ungkap Ansar Ahmad.

Politisi senior Golkar ini menambahkan, Pemerintah Daerah wajib menjaga proteksi industri, selain itu edukasi tentang bahaya narkotika di kawasan industri, juga harus dilakukan secara masif. "Ada 22 Desa Bersinar yang sudah dibentuk di Kepri, kami harap semua Kepala Daerah melakukannya secara masif, komitmen bersama dengan Forkopimda juga sangat penting, agar Kepri menjadi kawasan bersih narkoba (Bersinar).
 

#Kepri

Index

Berita Lainnya

Index