Perkuat Ketahanan Pangan, TPID Kepri dan BI Launching GNPIP

Perkuat Ketahanan Pangan, TPID Kepri dan BI Launching GNPIP
Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Kepulauan Riau bersama Bank Indonesia (BI) meluncurkan Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) di Aula Wan Sri Beni

GLOBALKEPRI.COM. TANJUNGPINANG - Guna memperkuat ketahanan pangan, Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Kepulauan Riau bersama Bank Indonesia (BI) meluncurkan Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) di Aula Wan Sri Beni, Dampak, Tanjungpinang, Senin (22/8/2022).

Kepala Perwakilan Bank Indonesia, Provinsi Kepri, Musni Hardi Kusuma Atmaja, mengatakan, dengan mengusung tema 'Sinergi Memperkuat Pengendalian Inflasi dan Ketahanan Pangan di Kepri', GNPIP tersebut merupakan wujud komitmen dan aksi nyata Pemerintah Kabupaten/Kota se-Kepri, Bank Indonesia Kepri serta pihak terkait lainnya.

"Dalam merespon peningkatan inflasi pangan dan meningkatkan ketahanan pangan. BI dan Kepala Daerah se-Kepri, melakukan penandatanganan komitmen bersama untuk mendukung GNPIP. Dengan 3 fokus utama yaitu upaya peningkatan produksi pangan, perluasan kerjasama antar daerah dan stabilisasi harga pangan," ujar Musni Hardi K Atmaja.

Musni menjelaskan, sebagai langkah konkrit dalam meningkatkan produksi pangan, pihaknya juga melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama antara Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kepri dengan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Kesehatan Hewan, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Kepri dan Tim Penggerak PKK Provinsi Kepri. Terkait pemanfaatan lahan pekarangan untuk budidaya komoditas pangan (urban farming).

"Kegiatan tersebut mencakup penyediaan bibit tanaman cabai merah, pupuk dan pelaksanaan pelatihan. Kegiatan urban farming juga dilakukan di kota dan kabupaten di Kepri berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah, dengan melibatkan kelompok wanita tani dan Tim Penggerak PKK, sebagai dukungan terhadap program tersebut," jelas Musni.

Musni Hardi memaparkan, Bank Indonesia Kepri bersama Pemprov telah menyiapkan paket bibit tanaman cabai merah berikut pupuk sebanyak 25.000 paket. Sementara itu DKPPKH dan BPTP Kepri akan memberikan dukungan informasi kelompok pelaksana dan memberikan pelatihan budidaya cabai termasuk pendampingan.

Melalui kegiatan tersebut, masih kata Musni, diharapkan akan memperkuat penyediaan bahan pangan segar dari pekarangan dan meningkatkan ketahanan pangan di tingkat rumah tangga. Sinergi TPID se-Kepri bisa meningkatkan produksi pangan juga diperkuat dengan komitmen kolektif untuk terus memperluas lahan tanaman pangan di Kepri melalui pembinaan kelompok tani dan replikasi teknik budidaya Proliga.

"Dalam rangka memperkuat ketersediaan pasokan bahan pangan, kami juga melakukan penandatanganan 2 kerjasama antar daerah yaitu antara Koperasi, Kelompok Tani Sukses Bersama (KTSBB) Batam dan Koperasi Plasma Agri Kundur, Karimun serta antara KTSBB Batam dengan Kelompok Juli Tani Deli Serdang, Sumatera Utara. Dengan demikian diharapkan kontinuitas pasokan komoditas pangan khususnya cabai merah ke Kepri semakin meningkat dengan rantai distribusi yang lebih efisien," terang Musni Hardi.

Musni menambahkan, dalam 2 bulan terakhir, telah dilakukan 4 kali operasi pasar di Kota Batam dan Kota Tanjungpinang sebagai wilayah dengan jumlah konsumen terbesar di Kepri. Kedepan, kegiatan serupa akan dilakukan melalui kolaborasi dengan produsen pangan lokal, BUMD, Bulog dan distributor mitra.

Pelaksanaan GNPIP di Provinsi Kepri juga merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden RI pada Rakornas Pengendalian Inflasi nasional pada 18 Agustus 2022 yakni agar TPID memperkuat sinergi dalam menjaga stabilitas harga, meningkatkan ketahanan pangan untuk mendukung daya beli dan pemulihan ekonomi nasional.

Diketahui, inflasi nasional terus mengalami peningkatan dan pada Juli 2022 telah mencapai 4,94 persen (yoy), yang dipengaruhi peningkatan inflasi global akibat gangguan rantai pasokan global dan penerapan kebijakan proteksionisme di berbagai negara.

Sementara itu inflasi di Provinsi Kepulauan Riau pada bulan Juli 2022 tercatat mengalami inflasi sebesar 6,09 persen (yoy), lebih tinggi dari target sasaran inflasi nasional (2 - 4 persen). Peningkatan inflasi tersebut terutama didorong oleh kelompok komoditas bahan pangan (volatile food) yang telah mencapai 12,59 persen (yoy).

"Melalui GNPIP diharapkan dapat turut mendorong kestabilan harga khususnya bahan pangan dan meningkatkan ketahanan pangan di Kepri secara berkesinambungan, sehingga daya beli dan kesejahteraan masyarakat dapat tetap terjaga," pungkas Musni Hardi K Atmaja.
 

#Kepri

Index

Berita Lainnya

Index