BMKG Prediksi Kota Tanjungpinang-Bintan Diguyur Hujan Pada September 2022

BMKG Prediksi Kota Tanjungpinang-Bintan Diguyur Hujan Pada September 2022
Wilayah Tanjungpinang diguyur hujan deras

GLOBALKEPRI.COM. TANJUNGPINANG - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi selama bulan September 2022, Kota Tanjungpinang dan Bintan masih akan diguyur hujan.

Prakirawan Cuaca BMKG Tanjungpinang, Hayu Nur Mahron menjelaskan kejadian hujan lebat yang disertai petir dan angin kencang sepekan terakhir disebabkan oleh adanya pola konvergensi dan belokan angin di wilayah Pulau Bintan.

Selain itu, kondisi ini juga didukung dengan peningkatan pasokan uap air di sekitar wilayah Pulau Bintan akibat hangatnya suhu muka laut yang berkisar antara 29-30 derajat celcius dengan anomali cenderung positif berkisar antara 0.5 2.0 derajat celcius.

"Kondisi tersebut meningkatkan potensi pertumbuhan awan konvektif penghasil hujan yang signifikan (awan Cumulonimbus) di wilayah Pulau Bintan," ujarnya saat dikonfirmasi melalui pesan whatsapp, Kamis (1/9/2022).

Dijelaskan, untuk beberapa hari ke depan potensi hujan masih terjadi dengan intensitas kecil diperkirakan dalam bulan September curah hujan dalam masih keadaan normal.

"Untuk besok potensi hujan sedang-lebat nya masih ada, kemudian 3 hari berikutnya potensinya menurun/kecil. Selanjutnya diprakirakan setelah tanggal 5 September potensi kejadian hujan sedang-lebatnya meningkat lagi. Diprediksi bulan September ini untuk curah hujannya masih normal," pungkasnya.

#Kepri

Index

Berita Lainnya

Index