Ribuan Warga Tanjungpinang Antusias Saksikan Pawai Budaya dan Mobil Hias

Ribuan Warga Tanjungpinang Antusias Saksikan Pawai Budaya dan Mobil Hias
Wali Kota Tanjungpinang, Hj Rahma turut serta dalam festival pawai budaya dan mobil hias 2022. (Istimewa)

GLOBALKEPRI.COM. TANJUNGPINANG -  Sejumlah masyarakat Tanjungpinang berbondong-bondong menyaksikan festival pawai budaya dan Mobil Hias yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Tanjungpinang, Sabtu (3/9/2022).

Pantauan di lapangan, sejak pagi masyarakat sudah mulai memenuhi area seputaran Anjung cahaya hingga Taman Laman Boenda (Gedung Gonggong) tepi laut demi melihat beragam budaya yang di tampilkan.

Festival Budaya dan mobil hias tersebut sempat vakum selama hampir 3 tahun akibat pandemic covid-19, namun tahun ini kembali dilaksanakan serta menjadi hiburan masyarakat Tanjungpinang.

Salah seorang peserta dari Pemuda Sulawesi Selatan, Yunus mengungkapkan pawai budaya yang di prakarsai oleh Walikota Tanjungpinang cukup sukses dan meriah. Bisa dilihat antusias para peserta baik dari paguyuban, mobil hias dan para siswa-siswi SMP.

"Alhamdulillah juga cuaca juga mendukung dan penonton cukup ramai. Khusus dari Pemuda Sulawesi Selatan bersama KKSS (Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan) Kota Tanjungpinang dan Bintan turut serta berpartisipasi dalam kegiatan ini dengan menampilkan budaya ciri khas Sulawesi Selatan mulai dari pencak silat, prosesi sebelum perkawinan, miniatur uang Panai (mahar), serta pemasangan sarung kepada Walikota Tanjungpinang," ungkap Yunus selaku Wakil Ketua Pemuda Sulawesi Selatan.

Yunus mengatakan timnya menurunkan sebanyak 70an peserta disebabkan para peserta dibatasi 50 orang peserta karena antusiasnya mengikuti festival tersebut maka pihaknya menurunkan lebih dari 50 peserta.

"Karena terlalu antusias kami dari pukul 06:00 Wib pagi sudah di lokasi bahkan ada sebagian yang nginap di hotel Panorama karena tidak ingin ketinggalan dan dikhawatirkan pukul 07:00 jalan sudah di tutup. Kami berharap tahun depan jika ada kegiatan seperti ini kalau bisa di Sei Carang bisa lebih banyak yang nonton kalau di sini ( tepi laut) terbatas," lanjutnya.

Sementara itu Walikota Tanjungpinang Hj Rahma menerangkan bahwa dengan adanya kegiatan ini bisa menyatukan kembali pawai adat yang sudah absen dua tahun.

"Antusias masyarakat, Alhamdulillah terimakasih setinggi-tingginya karena hari ini mereka berbondong-bondong suka cita bahkan sejak pagi sudah meninggalkan rumah untuk menyaksikan pertunjukan pawai adat. Terimakasih juga kepada seluruh sponsor sehingga acara ini bisa berjalan karena hal ini tidak ada di dalam anggaran APBD melainkan terlaksana dengan gotong royong," pungkasnya.
 

#Kepri

Index

Berita Lainnya

Index