Pemko Batam Jadikan Mall MB2 Sebagai Pusat Oleh-oleh Khas Batam

Pemko Batam Jadikan Mall MB2 Sebagai Pusat Oleh-oleh Khas Batam
Sentra oleh-oleh khas Batam di Mall Botania 2 (MB2), Batam Center

GLOBALKEPRI.COM. BATAM  -   Pemerintah Kota (Pemko) Batam melalui oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) akhirnya resmi membuka sentra oleh-oleh khas Batam di Mall Botania 2 (MB2), Batam Center, Minggu (4/9/2022).

Menurut Kepala Disperindag Kota Batam, Gustian Riau, puluhan stand telah disiapkan pemerintah guna memfasilitasi para pelaku UMKM di Kota Batam untuk menjajakan segala macam produk-produk dagangannya.

Saat ini, kata Gustian Riau, Desperindag Kota Batam memiliki 1.823 Industri Kecil Menengah (IKM) binaan setelah melalui proses kurasi, mulai dari kualitas produk, perizinan dan pengemasan produk.

"Dari ribuan IKM yang kita miliki, sebanyak 93 IKM yang mengisi sentra oleh-oleh khas Batam di Mall Botania 2 (MB2," kata Gustian Riau disela-sela kegiatan peresmian sentra oleh-oleh di MB2.

Gustian menjelaskan sentra oleh-oleh Batam yang ada di MB2 merupakan hasil kerjasama antara Desperindag Kota Batam dan pihak Management Mall Botania 2.

Dalam kerjasama itu, baik pemerintah maupun pihak MB2 sama-sama berkomitmen untuk meningkatkan perekonomian para pelaku usaha dan pariwisata pasca merebaknya pandemi Covid-19.

Selain kemudahan bagi IKM, kata Gustian lagi, para pengunjung ataupun pembeli juga diberikan kemudahan pada saat melakukan transaksi pembayaran dengan menggunakan QRIS.

Sementara itu, sebut Gustian, operasional sentra oleh-oleh Batam mengikuti jam operasional Mall MB2, yakni setiap hari Senin hingga Minggu (Mulai pukul 10.00 WIB - pukul 22.00 WIB.

"Hadirnya sentra oleh-oleh khas Batam di MB2 menjadi alternatif belanja bagi wisatawan domestik dan mancanegara," ujarnya.

Mall Botania 2 (MB2), sebut Gustian, di pilih sebagai sentra oleh-oleh khas Batam lantaran memiliki daya tarik tersendiri dan letaknya yang sangat strategis, yakni berdekatan langsung dengan Bandara dan Pelabuhan.

"Apabila para wisatawan yang pulang kedaerah asal ingin membawa oleh-oleh, nggak perlu repot-repot mencari di tempat lain. Mereka langsung kesini aja (MB2), sehingga waktunya lebih efisien jika hendak ke Bandara maupun ke Pelabuhan," tegas Gustian.

Untuk itu, Gustian Riau meminta para pelaku UMKM bisa menyiapkan produk yang dijual memenuhi kualitas standar nasional dan internasional.

"Kita kan berbatasan dengan negara tetangga, tentunya produk yang disajikan harus benar-benar berkualitas dan harus memenuhi standar internasional," tambahnya.

Sementara itu Manager Event dan Marketing Mall MB2, Vivi Wijaya mengatakan pihaknya sangat mendukung program yang diselenggarakan pihak Disperindag dalam memajukan UMKM di Kota Batam.

"Kami menyambut baik dan sangat mendukung program ini. Sebab, program yang dicanangkan Pemko Batam dapat meningkatkan perekonomian para pelaku usaha dan pariwisata serta dapat meningkatkan trafic Mall pasca dilanda pandemi COVID-19," kata Vivi, sapaan akrab Manager Event dan Marketing Mall MB2, Vivi Wijaya.
 

#Wisata

Index

Berita Lainnya

Index