LSM Gempur Kepri Minta Polisi Jaga Kepercayaan Masyarakat

LSM Gempur Kepri Minta Polisi Jaga Kepercayaan Masyarakat
Ketua LSM GEMPUR Kepri, Gatot Indra Gunawan. (Ist)

GLOBALKEPRI.COM. TANJUNGPINANG  -  Ketua LSM Gerakan Pemuda Peduli Rakyat (GEMPUR) Kepri, Gatot Indra Gunawan minta pihak kepolisian yang menangani kasus tewasnya Doni Kurniawan (18), korban kecelakaan di lokasi proyek jalan, dapat diproses secara hukum agar kepercayaan masyarakat tetap terjaga.

"Kasus tewasnya Doni yang masuk di dalam lubang galian proyek pengerjaan jalan, agar diproses oleh pihak kepolisian. Karena hal ini merupakan bentuk adanya dugaan kelalaian pelaksana proyek tersebut, sehingga mengakibat orang meninggal dunia," ungkap Gatot Indra, saat ditemui di kantornya, Senin (06/09/2022).

Meskipun saat ini masih belum dilakukan gelar perkara oleh pihak kepolisian, sehingga belum ditetapkannya siapa tersangka dalam kecelakaan maut tersebut, LSM Gempur mendukung apa yang sedang dilakukan oleh pihak kepolisian saat ini.
"Kita sangat mendukung langkah-langkah yang sedang dilakukan oleh pihak kepolisian saat ini, baik itu olah TKP, meminta keterangan para saksi baik pihak perusahaan, keluarga korban dan warga sekitarnya, sehingga tahap selanjutnya pihak kepolisian bisa menentukan apakah akan ada tersangkanya," kata Gatot.

Saat disinggung masalah adanya proses perdamaian antara perusahaan dengan keluarga korban, Gatot menilai itu wajar dan sah-sah saja karena itu merupakan bentuk dari sosial kemanusiaan.

"Dalam hal perdamaian antara pihak keluarga korban dengan pihak kontraktor itu sah-sah saja, namun tidak harus menghentikan kasus hukumnya yang ditangani oleh pihak kepolisian tentang kelalaian yang mengakibat orang lain meninggal dunia, makanya pihak kepolisian terus mengusut siapa yang harus bertanggungjawab (tersangkanya)," katanya.
Pada hukum positif Indonesia (KUHAP dan KUHP) asasnya perkara pidana tidak dapat diselesaikan melalui perdamaian, untuk itu LSM Gempur berharap dalam kasus ini bisa dijadikan pembelajaran (ada efek jeranya).

"Banyak kasus kecelakaan kerja akibat tidak disiplinnya perusahaan dalam menerapkan disiplin dan pengawasan tentang hal hal yang berkaitan dengan keselamatan pekerja dan pengguna jalan, sudah selayaknya dalam kasus ini bisa memberikan pembelajaran bagi perusahan yang lalai mendapatkan efek jera, sehingga tidak ada terulang lagi warga yang menjadi korban jiwa akibat kelalaian tersebut," pungkasnya.
 

#Kepri

Index

Berita Lainnya

Index