Kadis Bina Marga Batam Yumasnur Sebut Pasang Laut Picu Banjir di Batam

Kadis Bina Marga Batam Yumasnur Sebut Pasang Laut Picu Banjir di Batam
Banjir di kawasan dekat Bank CIMB Niaga, Nagoya, Kota Batam, Kamis (6/10/2022).

GLOBALKEPRI.COM. BATAM - Batam banjir, Kamis (6/10/2022). Genangan air akibat hujan deras terjadi di sejumlah lokasi, diantaranya kawasan Nagoya dan Seraya.

Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (BM-SDA) Kota Batam, mengatakan kondisi banjir di Kawasan Nagoya dan Seraya selain karena curah hujan yang tinggi, juga disebabkan terjadi
“Kondisi laut juga pasang, aliran air menjadi besar,” ujar Yumasnur saat dikonfirmasi.
Ia menyebut tim dari dinasnya turun ke lapangan untuk memantau kondisi banjir di lapangan. Ia juga mengerahkan tim untuk melakukan pengerukan drainase yang tersumbat. “Kami akan lakukan upaya-upaya untuk penanganan banjir,” kata Dia.

Sebelum terjadi banjir di beberapa kawasan di Batam, Yumasnur mengaku telah melakukan pencegahan. Secara rutin alat berat mereka melakukan pengerukan di drainase-drainase yang terjadi pendangkalan. 
“Penyebab banjir bervariasi. Batam kan terus membangun, tentu akan menimbulkan daerah-daerah yang tadi belum dibangun, sudah dibangun,” katanya.
Yumasnur juga menyoroti perilaku sebagian masyarakat yang kurang peduli dengan lingkungan karena banyak sampah yang membuat drainase tersumbat.

“Selain itu ada perilaku masyarakat yang belum sadar kebersihan. Masih ada yang membuang sampah ke drainase, akibatnya terumbat, beberapa kali kami membersihkannya,” kata dia.

#Kepri

Index

Berita Lainnya

Index