Keberadaannya Meresahkan, Warga Natuna Tangkap Buaya

Keberadaannya Meresahkan, Warga Natuna Tangkap Buaya
Warga tangkap buaya

GLOBALKEPRI.COM.RANAI- Warga Desa Air Payang, Kecamatan Pulau Laut, Kabupaten Natuna, menangkap buaya berukuran 3 meter. Buaya muara itu kerap muncul di Embung yang dibuat untuk sumber air bersih warga sekitar. Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Natuna, Syawal mengatakan penangkapan buaya oleh warga desa air payang itu karena warga resah.

"Kemunculan buaya itu sudah beberapa kali sehingga masyarakat merasa khawatir. Buaya itu besar dan masyarakat terganggu. Buaya itu ditangkap warga dan instansi terkait disana," kata Syawal, Sabtu (8/10/2022).

Masyarakat Desa Air Payang kemudian menghubungi Damkar Natuna dan meminta agar dilakukan terhadap buaya yang berukuran 3 meter itu. Masyarakat khawatir jika tidak dievakuasi ke tempat lain nanti ada warga yang menjadi korban serangan buaya.

"Embung di desa Air Payang itu tidak jauh dari pemukiman warga. Anak-anak sering mandi disana warga juga sering beraktivitas dekat tempat itu," ujarnya.

Petugas Damkar Natuna akhirnya menjemput buaya muara yang telah ditangkap warga. Buaya itu dibawa menggunakan kapal dari Pulau Laut, ke Pulau Ranai Natuna dan dilepasliarkan di Sungai penarik Kecamatan Bunguran Selatan, Natuna.

"Jumat (7/10/2022) pagi kami lepaskan buaya tersebut di Sungai Penarik. Sungai Penarik memang habitat buaya dan jauh di dari pemukiman masyarakat. Habitat buaya ada beberapa tempat Sungai Binjai dan Sungai sakerah tapi kami pilih yang aman jauh dari pemukiman warga," ucapnya..**

#Kepri

Index

Berita Lainnya

Index