Polairud Karimun Gunakan Alat Canggih saat Simulasi Tanggap Darurat Kecelakaan Laut

Polairud Karimun Gunakan Alat Canggih saat Simulasi Tanggap Darurat Kecelakaan Laut
Simulasi tanggap darurat kecelakaan di laut yang digelar Polairud Polres Karimun.

GLOBALKEPRI.COM.  KARIMUN - Satuan Polairud Polres Karimun, Kepulauan Riau menggelar simulasi penyelamatan di laut. Simulasi ini sebagai persiapan untuk mengantisipasi kecelakaan laut saat cuaca ekstrem.

Pertolongan kecelakaan laut dalam simulasi itu dilakukan menggunakan alat penyelamatan U-Save yang dikendalikan melalui remote kontrol.
Dalam simulasi itu, digambarkan ada laporan nelayan yang mengalami kecelakaan saat tengah melaut ke Pos Polairud Polres Karimun.
Setelah mendapat laporan dari nelayan yang berhasil menyelamatkan diri, mengatakan bahwa seorang rekannya tidak terlihat dan masih berada di tengah laut.
Personel Polairud yang telah siaga, langsung menuju lokasi atau titik koordinat terjadinya kecelakaan laut yang dialami oleh nelayan.
Terlihat Kapal Patroli dan RIB SAR menyisiri perairan dan akhirnya menemukan seorang nelayan yang masih terapung di tengah laut.

Dikarenakan kondisi masih memungkinkan, maka pertolongan dilakukan menggunakan alat SAR U-Save yang dapat langsung menuju nelayan yang terapung tersebut dan diselamatkan.

Kasat Polairud Polres Karimun, AKP Binsar Samosir menyebutkan bahwa, pihaknya melakukan latihan penyelamatan dan antisipasi pertolongan dalam kecelakaan laut.

"Simulasi pertolongan SAR dalam kecelakaan laut kita gelar, sebeb wilayah kita (Karimun) akan memasuki cuaca akhir tahun yang biasanya cukup ekstrem. Fenome cuaca ekstrem itu biasa terjadi juga di wilayah Kepri dan sekitarnya," kata Kasat Binsar, Kamis (13/10/2022).
Sehingga, dengan latihan simulasi itu juga dapat meningkatkan kemampuan setiap anggota Satpolairud jika sewaktu-waktu mendapat laporan kecelakaan laut.

Serta, juga meningkatkan sinergi dengan instansi maritim lainnya dalam penanganan atau mengantisipasi terjadi peristiwa darurat yang memerlukan penanganan terpadu.

"Keselamatan kita utamakan, sehingga diperlukan juga kekompakan anggota, sinergi dengan instansi lainnya dalam melakukan pertolongan," ujar Binsar.

Untuk saat ini, Satpolairud memiliki peralatan SAR yang cukup, yakni dua unit U-Save, RIB SAR, dan peralatan selam dan juga anggota penyelam.

#Kepri

Index

Berita Lainnya

Index