Kembali Dibuka, BatamFast Awali Pelayaran Perdana Sekupang - Singapura

Kembali Dibuka, BatamFast Awali Pelayaran Perdana Sekupang - Singapura
Pelayaran perdana Sekupang - Harbourfront (Singapura) dengan BatamFast, Jumat (14/10/2022). (Ist)

GLOBALKEPRI.COM. BATAM - Pariwisata di Batam diharapkan semakin bergeliat menjelang akhir tahun 2022. Hal ini didorong dengan dibukanya kembali Pelabuhan Ferry Internasional Sekupang, Jumat (14/10/2022).

BatamFast, merupakan kapal feri yang menjadi armada pertama melakukan pelayaran dari Sekupang menuju Harbourfront - Singapura.

Komisaris Pelabuhan Ferry Internasional Sekupang, Pipin Kusnadi, mengatakan sempat tertunda beberapa waktu lalu, akhirnya pelayaran internasional di Pelabuhan Sekupang bisa kembali melayani penumpang.

Khususnya untuk mereka yang bertempat tinggal di wilayah Sekupang, Batuaji, Sagulung dan sekitarnya, pelabuhan ini merupakan pilihan utama ketika ingin berangkat ke Singapura. "Sudah banyak memang yang ingin sekali pelabuhan ini aktif. Karena kalau mereka mau nyebrang dekat. Kalau ke pelabuhan lain kan jauh mereka mutarnya," ujarnya.

Aktifnya kembali pelabuhan ini juga merupakan dukungan dari BP Batam yang memberikan akses percepatan. Karena pelabuhan sudah dua tahun lebih tidak aktif, banyak hal yang dilakukan untuk menunjang kelancaran pelayanan.

"Kami perbaiki toilet, AC, bagian pemeriksaan dan lainnya. Tujuannya demi kenyamanan Wisman yang mau datang atau orang yang mau berangkat," jelasnya.

Pipin menyebutkan berdasarkan data dalam satu bulan jumlah Wisman yang masuk mencapai 60 ribu orang, sebelum pandemi Covid-19 melanda. Angka ini diharapkan kembali terjadi, meskipun menunggu waktu.

"Kami berharap di momen akhir tahun atau Desember mendatang terjadi peningkatan kunjungan Wisman ke Batam. Karena Pelabuhan Sekupang ini salah satu yang terdekat ke Harbourfront," imbuhnya.

Beberapa waktu lalu, pria asal Bogor ini mengungkapkan sudah mengajak pelaku wisata bertemu. Tujuannya untuk meminta dukungan atas beroperasinya kembali Sekupang Ferry Terminal ini.

"Semoga pariwisata Batam semakin membaik. Dan jumlah Wisman bisa meningkat dengan bertambahnya jumlah fasilitas pelabuhan yang beroperasi dari sebelumnya," tambah Pipin.

Ia menambahkan, pekan ini BatamFast yang perdana berlayar menandai beroperasinya kembali pelabuhan. Berikutnya feri lain juga akan membuka konter di Sekupang. Salah satunya Sindo Ferry yang sudah mengkonfirmasi kesediaan untuk kembali beroperasi pekan depan.

Sales and Marketing Manager, Derick, mengatakan selama ini banyak masukan untuk pembukaan pelayaran di Sekupang. Terutama mereka yang berada di wilayah Sekupang, Batuaji, Sagulung dan lainnya.

"Sudah banyak masukan dari agen kami. Kapan beroperasi yang di Sekupang. Dan bersyukurnya sekarang kami bisa realisasikan. Kami berharap aktifnya Batamfast bisa mempercepat pemulihan sektor wisata di Batam," bebernya.

Derick menyebutkan pembukaan trip kapal Sekupang Ferry Terminal ke Harbourfront di hari biasanya tiga kali, sedangkan Sabtu-Minggu empat kali. Seiring berjalannya waktu nanti akan ada penyesuaian untuk trip ini.

"Sebelum pandemi sampai sembilan trip kami buka. BatamFast berharap masa itu bisa kembali, seiring membaiknya pariwisata Singapura-Batam," jelasnya.

Ia menambahkan, untuk harga tiket Batam Fast sekali jalan Rp 400 ribu, sedangkan pulang pergi Rp 700 ribu. BatamFast juga memberikan penawaran menarik bagi penumpang yang melewati Sekupang Ferry Terminal. Untuk parkir kendaraan, penumpang nantinya akan mendapatkan gratis parkir hingga Rp 5 ribu, dah diskon 30 persen di salah satu kafe One yang ada di pelabuhan.

"Cukup tunjukkan boarding pass tiket BatamFast via Pelabuhan Ferry Internasional Sekupang," tutupnya.

#Ekonomi & Bisnis

Index

Berita Lainnya

Index