Direktur Binapi Kemenkumham Panen Lele di Rutan Batam

Direktur Binapi Kemenkumham Panen Lele di Rutan Batam
Direktur Binapi Kemenkumham, Thurman Saud Marojahan Hutapea, ikut melakukan panen ikan lele hasil budidaya warga binaan Rutan Kelas IIA Batam

GLOBALKEPRI.COM. BATAM - Direktur Pembinaan Narapidana dan Latihan Kerja Produksi Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) RI, Thurman Saud Marojahan Hutapea, melakukan kunjungan ke Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Batam, Senin (24/10/2022).

Dalam kunjungannya, Thurman ikut melakukan panen ikan lele hasil budidaya warga binaan. Ratusan kilogram ikan lele yang dipanen akan dipasarkan sebagai pemasukan Rutan Batam.

"Ini sangat luar biasa, dan menjadi kebanggaan kami di Kemenkumham. Ini sebagai bekal waega binaan sebelum kembali ke masyarakat," ujar Thurman di sela kunjungan yang singkat.

Thurman menyampaikan, Kemenkumham memiliki sejumlah program pembinaan yang harus dijalankan oleh UPT Lapas ataupun Rutan. Pembinaan ini tidak lain untuk meningkatkan kemampuan warga binaan agar bisa berkarya dan mandiri saat keluar nanti.

"Kementerian juga mendorong dengan program sertifikasi profesi. Agar mereka bisa diterima dan bersaing saat bebas nanti. Kita juga memudahkan warga binaan untuk pengurusan izin CV," ujar Thurman.

Direktur Binapi Kemenkumham itu pun berpesan kepada petugas Lapas Batam untuk terus meningkatkan pelatihan dan pembinaan kepada warga binaan, agar tugas dan fungsi pemasyarakatan bisa berjalan dengan baik.

"Jangan hanya urus makan, tidur dan keamanan warga binaan saja, tapi dorong mereka dengan pembinaan dan pelatihan seperti ini. Ini sudah sangat bagus dan harus ditingkatkan terus," ungkapnya.

Karutan Batam Yan Patmos menyampaikan, budidaya ikan lele hasil dari pembinaan bakat dan minat warga binaan ini sudah memasuki panen ke empat.

"Sebelumnya kita sudah panen ikan lele kurang lebih 80 kilogram. Alhamdulilah, sekarang kita panen lebih banyak dari sebelumnya," pungkas Yan.

#Kepri

Index

Berita Lainnya

Index