Cuaca Ekstrim, Polisi Ingatkan Bahaya Kebakaran Lahan dan Hutan

Cuaca Ekstrim, Polisi Ingatkan Bahaya Kebakaran Lahan dan Hutan
Anggota Polsek Sagulung sosialisasi larangan bakar lahan dan hutan. (Istimewa)

GLOBALKEPRI.COM. BATAM -  Musim hujan yang berkepanjangan membuat semak belukar tumbuh subur hingga ke pemukiman warga. Antisipasi terjadinya kebakaran, jajaran Polsek Sagulung menghimbau masyarakat untuk peran aktif membersihkan semak belukar di sekitar pemukimannya.

Gotong royong membersihkan lingkungan harus rutin dilaksanakan demi terciptanya lingkungan yang bersih dan aman. Melalui Bhabinkamtibmas dan personil patroli, Kapolsek Sagulung Iptu Nyoman Ananta Mahendra juga mengingatkan masyarakat untuk tidak membakar sampah ataupun semak belukar yang ada di sekitarnya sebab berpotensi terjadinya kebakaran besar.

"Karena kebakaran lahan sering terjadi selama ini. Semak belukar tentunya tumbuh subur selama musim hujan ini, kita himbau agar masyarakat waspada. Bersihkan semak belukar di dekat pemukiman masing-masing dan jangan bakar sembarangan," ujar Nyoman.

Pengawasan dan himbauan waspada terhadap kebakaran hutan ataupun lahan ini juga difokuskan ke wilayah Barelang yang masuk wilayah hukum Polsek Sagulung. Petani ataupun mereka yang berdiam di sepanjang jalan Trans Barelang diminta untuk tidak membakar semak belukar ataupun hutan karena bisa membesar nantinya.

"Kita juga koordinasi dengan petugas keamanan lain di sana supaya sama-sama mengawasi. Karena memang riskan sebab cuaca sangat ekstrim," kata Nyoman.

#Kepri

Index

Berita Lainnya

Index