FIFA Resmi Larang Penjualan Bir di Piala Dunia Qatar 2022

FIFA Resmi Larang Penjualan Bir di Piala Dunia Qatar 2022
Piala Dunia 2022

GLOBALKEPRI.COM.JAKARTA- FIFA resmi melarang penjualan bir di Piala Dunia Qatar 2022. Itu berlaku di dalam dan di luar stadion.

Pengumuman tersebut resmi dikeluarkan dua hari sebelum kick off Piala Dunia 2022 yang akan digelar di Qatar, yang memang ketat menerapkan larangan mengonsumsi minuman beralkohol.

Pemerintah setempat telah mendapat tekanan dari keluarga kerajaan Qatar untuk melarang seluruh penjualan alkohol meski merupakan sponsor turnamen.

"Setelah diskusi antara otoritas negara tuan rumah (Qatar) dan FIFA, keputusan telah dibuat untuk memfokuskan penjualan minuman beralkohol di FIFA Fan Festival," FIFA mengungkapkan dalam pernyataan resminya.

"Lokasi hiburan penonton lainnya dan tempat berlisensi, menghapus titik penjualan bir dari batas stadion Piala Dunia FIFA 2022 Qatar," begitu lanjutannya.

Sebelumnya, Budweiser, salah satu sponsor utama Piala Dunia, memiliki hak eksklusif untuk melakukan penjualan produk birnya, AB InBev, di sekitar stadion, yaitu pada tiga jam sebelum dan satu jam setelah setiap pertandingan. Namun, kebijakan tersebut akhirnya direvisi setelah adanya negosiasi panjang antara Presiden FIFA, Gianni Infantino; Budweiser; dan Eksekutif Komite Tertinggi Qatar.

Kendati begitu, Budweiser akan tetap diizinkan menjual bir beralkohol di zona FIFA FAN Fest di pusat Kota Doha. Penjualan juga bisa dilakukan di tempat hiburan yang sudah ditentukan.

"Penyelenggara turnamen menghargai pengertian AB InBev dan sikap untuk terus memberikan dukungan terhadap komitmen bersama kami untuk melayani semua orang selama Piala Dunia FIFA Qatar 2022," begitulah pengumuman FIFA.

Pengunjung juga tidak diperbolehkan membawa masuk alkohol ke Qatar, bahkan dari bagian duty free atau bebas bea bandara. Ya, mengonsumsi alkohol di muka umum merupakan tindakan ilegal di negara dengan ibu kota Doha tersebut. Alkohol hanya dijual di bar dan hotel-hotel tertentu di mana harga satu botol bir ukuran 500ml bisa mencapai USD 15 atau sekitar Rp 234 ribu.

FIFA memastikan bersama Qatar akan tetap memberikan pengalaman menyenangkan, terhormat, dan berkesan bagi seluruh penggemar tim nasional (timnas) yang akan berlaga di stadion dan sekitarnya. **

#Olahraga

Index

Berita Lainnya

Index