Kendati Kalahkan Brasil 1-0, Kamerun Gagal ke Babak 16 Besar

Kendati Kalahkan Brasil 1-0, Kamerun Gagal ke Babak 16 Besar
Kamerun kalahkan Brasil

GLOBALKEPRI.COM.DOHA- Kamerun mengalahkan Brasil 1-0 di laga terakhir Grup G Piala Dunia 2022. Namun, hasil itu tak cukup untuk membawa Kamerun lolos ke 16 besar.

Laga Kamerun vs Brasil di Grup G Piala Dunia 2022 digelar di Lusail Iconic Stadium, Sabtu (3/12/2022) dini hari WIB. Brasil sudah dipastikan lolos ke babak 16 besar, sementara Kamerun masih berupaya untuk lolos.

Setelah imbang 0-0 di babak pertama, Kamerun mencetak gol pada menit ke-90+2. Vincent Aboubakar sukses menjebol gawang Ederson, meski setelahnya dia menerima kartu merah karena selebrasinya.

Meski menang, Kamerun tetap tidak lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. The Indomitable Lions finis ketiga di Grup G dengan empat poin.

Brasil melangkah ke babak 16 besar dengan status sebagai juara Grup G dengan enam poin. Swiss menyusul sebagai runner-up dengan jumlah poin sama usai menang 3-2 atas Serbia.

Jalannya Pertandingan

Brasil tampil dominan dan memegang kendali permainan. Peluang bagus didapat Brasil pada menit ke-14 lewat Gabriel Martinelli.

Fred mengirim umpan silang yang diteruskan Martinelli dengan sundulan. Namun kiper Kamerun Devis Epassy masih bisa menepisnya.

Kamerun melancarkan tekanan lewat Eric Choupo-Moting. Fabinho bisa menghalau serangan Kamerun. Kamerun melanjutkan serangannya, tapi kali ini Ederson menggagalkan umpan Nouhou Tolo.

Brasil mendapat tendangan bebas di depan kotak penalti Kamerun menyusul pelanggaran terhadap Rodrygo. Dani Alves jadi eksekutor tendangan bebas, tapi sepakannya melambung di atas gawang.

Antony melakukan tusukan dan melepaskan tembakan ke gawang. Percobaan pemain Manchester United itu masih bisa diantisipasi Epassy.

Martinelli menusuk dari kiri dan melepaskan tembakan dari depan kotak penalti. Epassy masih bisa menepis tendangan Martinelli.

Giliran Kamerun yang mengancam gawang Brasil. Umpan silang Ngamaleu dari kiri ditanduk oleh Mbeumo. Ederson sigap menepis bola.

Martinelli masih menjadi salah satu ancaman untuk pertahanan Kamerun. Brasil menyerang balik dan Martinelli yang bergerak dari sisi kiri kemudian melepaskan tembakan. Bola ditepis oleh Epassy.

Dari tendangan sudut yang diperoleh, Brasil kembali mengancam. Ribeiro melepaskan umpan tarik yang diteruskan oleh Militao. Epassy gagal menghentikan bola tembakan Militao dengan sempurna dan bola membentur tiang dan keluar.

Upaya Kamerun lewat Ntcham masih belum membuahkan hasil. Tembakan mendatarnya dari luar kotak penalti masib bisa diamankan Ederson.

Gol! Kamerun mengejutkan Brasil di injury time. Ngim Mbekeli melepaskan umpan lambung dari sisi kanan dan diteruskan Vincent Aboubakar dengan sundulan.

Usai mencetak gol, Aboubakar merayakan dengan melepas kausnya. Namun, karena sebelumnya sudah mendapat kartu kuning, kapten Kamerun itu akhirnya diusir wasit karena dapat kartu kuning kedua.

Susunan Pemain

Kamerun: Devis Epassy; Collins Fai, Christopher Wooh, Enzo Ebosse, Nouhou Tolo; Andre-Frank Zambo Anguissa, Pierre Kunde (Ntcham 68'); Bryan Mbeumo (Toko Ekambi 64'), Erix Maxim Choupo-Moting, Mouni Ngamaleu (Mbekeli 86'); Vincent Aboubakar

Brasil: Ederson; Dani Alves, Eder Militao, Bremer, Alex Telles (Marquinhos 54'); Fabinho, Fred (Bruno Guimaraes 55'); Antony (Raphinha 79'), Rodrygo (Everton Ribeiro 55'), Gabriel Martinelli; Gabriel Jesus (Pedro 64')**

#Olahraga

Index

Berita Lainnya

Index