Donasi Peduli Bencana Gempa Cianjur dari Batam Capai Rp 653 Juta

Donasi Peduli Bencana Gempa Cianjur dari Batam Capai Rp 653 Juta
Walikota Batam Muhammad Rudi, saat mengumpulan donasi untuk peduli bencana Gempa bumi Cianjur, di Simpang Galael Batam Center beberapa waktu lalu.

GLOBALKEPRI.COM. BATAM - Dana bantuan yang digalang Pemko Batam untuk korban gempa Cianjur, Jawa Barat berhasil terkumpul sebesar Rp 653 juta.

"Dana yang terkumpul itu berasal dari Kecamatan Sagulung Rp 403 juta, pengumpulan dari posko dan rekening Rp 150 juta dan Korpri Rp 100 juta. Sehingga totalnya mencapai Rp 653 juta," ujarPlh Kepala Dinas Sosial Kota Batam, Leo Putra, Senin (5/12/2022).

Leo menjelaskan, masih ada donasi yang belum diserahkan dari sejumlah instansi dan OPD kota Batam, semisal dari Dinas pendidikan (Disdik) Kota Batam yang rencananya mencapai Rp 420 juta.

"Dananya sih sudah terkumpul, kalau semua itu sudah diserahkan, maka jumlahnya sudah lebih Rp 1 miliar," terang Leo Putra.

Selain itu, pihak Dinsos Batam sejauh ini masih mengumpulkan donasi melalui Posko, hasil transfer dan OPD Kota Batam. Pihaknya juga sudah menyurati Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Batam untuk meminta donasi kepada perusahan-perusahaan.

"Langkah selanjutnya menuggu arahan wali Kota Batam untuk penyerahannya kepada Pemerintah Kabupaten Cianjur," katanya.

Beberapa waktu lalu, Wali Kota Batam, Muhammad Rudi menegaskan, Batam Peduli Bencana tidak menerima bantuan berupa barang-barang ataupun makanan untuk korban gempa Kabupaten Cianjur Provinsi Jawa Barat. Hal ini dikarenakan biaya kargo pengiriman barang-barang atau makanan cukup mahal.

"Biaya kirim kargonya lumayan mahal, belum lagi pajaknya. Pakai duit lagi kita kirimnya. Jadi ribet prosesnya, makanya kita terima sumbangan cash saja," ujar Rudi, Rabu (30/11/2022) lalu.

Oleh sebab itu, Rudi mengimbau masyarakat Kota Batam untuk membantu masyarakat Cianjur dengan memberikan sumbangan dalam bentuk dana donasi. Pihaknya sudah menyediakan berbagai fasilitas penyerahan donasi, mulai dari posko ataupun Bank.

Untuk pemberian donasi tunai atau transfer bisa diserahkan ke Posko Batam Peduli Bencana. Ada tujuh titik, di antaranya Kantor Dinsos Sekupang, Posko Pemko Batam di Simpang Masjid Agung Batam Center, Simpang Rosdale atau Simpang Gelael, Simpang Martabak Har, Simpang Kabil Kepri Mall, Simpang Sei Harapan, Simpang Putri Hijau Batu Aji.

Donasi ini juga dapat di salurkan juga melalui rekening Batam Peduli Bencana pada Bank Riau Kepri 106.20.00250, bisa juga ke Bank BRI 0659.01.000254.30.3 kemudian Bank BNI 0776 877681 juga di Bank Mandiri 1090500088885.

#Kepri

Index

Berita Lainnya

Index