Kunker ke Lingga, Gubernur Ansar Tinjau Proyek Infrastruktur Jalan

Kunker ke Lingga, Gubernur Ansar Tinjau Proyek Infrastruktur Jalan
Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, menyempatkan diri bersilaturahmi dengan masyarakat Desa Kudung di Halaman masjid Nurul Ihsan, Kecamatan Lingga Timur, Rabu (7/12/2022). (Diskominfo Kepri)

GLOBALKEPRI.COM. LINGGA - Di sela-sela kunjungan kerjanya ke Kabupaten Lingga, Gubernur Kepulauan Riau, H Ansar Ahmad meninjau beberapa ruas jalan yang ada yang dirasa perlu mendapat perhatian serius dari pemerintah, Rabu (7/12/2022).

Di antaranya yang ditinjau adalah jalan yang menghubungkan antara Kantor Kabupaten Lingga menuju ke Desa Kudung, Kecamatan Lingga Timur. Lebih tepatnya yakni jalan yang menghubungkan Kerandin - Belungkur yang merupakan proyek pembangunan infrastruktur Pemerintah Provinsi Kepri sepanjang panjang 1,4 Km dengan nilai Rp 7,5 miliar, berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

Adapun beberapa proyek peningkatan infrastruktur yang dilakukan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau melalui Dinas Pekerjaan Umum di Kabupaten Lingga selama 2022, di antaranya Pembangunan Jembatan Desa Marok Tua, Pembangunan Gorong-Gorong pada Badan Jalan di Desa Budus, Pembangunan Jalan Lingkungan/Lingkar Desa Brindat, Kecamatan Singkep, Pembangunan Jalan Lingkungan/Lingkar Kampung Sepincan, Kecamatan Lingga.

Selain itu, Pembangunan Jalan Simpang Rantau Panjang, Simpang Setajam - Serteh, penanggulangan pascabencana di ruas Jalan Musai - Simpang Kerandin, pembangunan Box Culvert ruas Jalan Lingga Daik - Musai dan pembangunan jalan lingkungan/lingkar Desa Kote Kecamatan Singkep. Keseluruhan proyek infrastruktur ini memiliki pagu anggaran sebesar Rp 23,9 miliar.

Di tengah peninjauan, Gubernur Ansar juga menyempatkan diri bersilaturahmi dengan masyarakat Desa Kudung di Halaman masjid Nurul Ihsan, Kecamatan Lingga Timur. Nampak masyarakat antusias menyambut kedatangan mantan Bupati Bintan ini karena merupakan kunjungan perdana ke Desa Kudung tersebut.

Gubernur Ansar mengungkapkan, masih banyak jalan di Kabupaten Lingga, yang perlu mendapatkan perhatian namun dengan kondisi APBD Kepri yang terbatas dan banyak perhatian yang harus diberikan juga ke Kabupaten/Kota lain maka penganggarn perbaikan jalan harus melibatkan juga Pemerintah Pusat.

"Saya minta doa masyarakat, agar selain berharap pada APBD, kami juga akan berjuang ke pusat untuk mendapatkan anggaran dari APBN agar anggaran lebih besar sehingga jalan-jalan yang ada di seliruh Kepri, termasuk Lingga cepat selesai," ujar Ansar, demikian dikutip laman Diskominfo Kepri.

Akses jalan yang nyaman menurut Gubernur Ansar akan sangat penting karena akan membuka dan meningkatkan perekonomian masyarakat. Membuka keterisokiran sebuah daerah. Selain jalan sebagai infrastruktur fisik, peningkatan aksesibilitas terhadap internet serta ketersediaan listrik juga merupakan hal yang penting dalam mendukung peningkatan perekonomian masyakarakat.

Gubernur juga membahas terkait pembangunan 77 Base Transceiver Station (BTS) di Kepri sebagai penguatan jaringan daerah terluar dan terdepan. Adapun untuk di wilayah Kabupaten Lingga terdapat 28 titik BTS yang tersebar di Kecamatan Lingga Timur, Lingga Utara, Lingga, Selayar, Senayang, Singkep Barat dan Singkep Selatan.

"Dengan akses jalan yang bagus, akses internet yang memadai, masyarakat bisa mengakses berbagai informasi serta mempercepat digitalisasi perekonomian bahkan digitalisasi pendidikan dengan mendorong anak anak kita mengakses ilmu pengetahuan yang bermanfaat sehingga generasi muda khususnya di desa kudung tumbuh menjadi generasi unggulan yang bisa jadi Gubernur, Bupati, dokter dan insinyur di kemudian hari," ucapnya.

Sementara untuk untuk masalah akses listrik, Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau melalui Program Kepri Terang sudah merealisasikan penyambungan listrik bagi rumah penduduk miskin sebanyak 5.499 unit. Untuk di Kabupaten Lingga realisasi penyambungan listrik bagi rumah penduduk miskin sebanyak 1.563 unit (28,42 persen Program Kepri Terang dari total realisasi se-Provinsi Kepulauan Riau).

"Tadi saat kunjungan di Senayang ada laporan dari masyarakat setempat ada pulau yang belum dialiri listrik. Kepada Pemerintah Kabupaten Lingga saya harap di data masyarakat yang belum mendapatkan akses listrik diberikan ke kami agar provinsi membantu penyambungan listriknya gratis bekerjasama dengan PLN karena kita berkomitmen membuat kepri terang hingga ke pulau-pulau," tutupnya.

#Kepri

Index

Berita Lainnya

Index