Adi Prihantara Minta Semua Sekretaris OPD Pemprov Kepri Implementasikan Reformasi Birokrasi

Adi Prihantara Minta Semua Sekretaris OPD Pemprov Kepri Implementasikan Reformasi Birokrasi
Sekdaprov Kepri, Adi Prihantara memimpin pertemuan II Forum Sekretaris Perangkat Daerah se-Provinsi Kepulauan Riau, Jumat (9/12/2022). (Diskominfo Kepri)

GLOBALKEPRI.COM. TANJUNGPINANG - Sekdaprov Kepri, Adi Prihantara memimpin pertemuan II Forum Sekretaris Perangkat Daerah se-Provinsi Kepulauan Riau terkait Keputusan Gubernur nomor 713 tahun 2022 tentang Agen Perubahan Pelaksanaan Reformasi Birokrasi di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kepri di Rupatama, Kantor Gubernur, Dompak, Jumat (09/12/2022).

Pertemuan itu digelar sebagai upaya meningkatkan prinsip 'Good Governance' di Pemerintahan Provinsi Kepulauan Riau. Yaitu penyelenggaraan pemerintahan yang bersih, baik, berdaya saing, dan berbudaya, serta menjadi pelayan publik yang berkompeten dan berkredibilitas.

Pada pertemuan tersebut, Sekdaprov Adi, fokus membahas pelaksanaan reformasi birokrasi pada pejabat Aparatur Sipil Negara (ASN) bersama Sekretaris Perangkat Daerah, yang diimplementasikan di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Kepri.

Dalam kesempatan tersebut juga, Sekdaprov Adi menegaskan, kepada seluruh Sekretaris OPD untuk lebih efektif, kreatif dan inovatif serta penertiban dalam penyelenggaraan administrasi di OPD-nya.

"Saya berharap forum ini lebih diaktifkan kembali, mungkin rutin setiap tiga bulan sekali forum ini bisa digelar. Saya tegaskan, seluruh Sekretaris lebih aktif, kreatif dan inovatif dalam tugasnya, bagaimana absensi pegawai, penertiban administrasi kantor, dan segala kegiatan yang dijalankan harap ikut andil dalam penyelenggaraannya agar tidak terjadi miss komunikasi dikemudian hari," tegas Sekdaprov Adi, demikian dikutip laman Diskominfo Kepri.

Kembali ditegaskan Sekdaprov Adi, reformasi birokrasi saat ini telah kembali mengalami perubahan menjadi reformasi birokrasi tematik, yang pada setiap implementasinya didasari memiliki tema. Diantaranya; Kemiskinan, Pelayanan Publik, Perubahan, dan Investasi. Dirinya mengharapkan agar setiap OPD yang berhubungan dengan tema tersebut segera menindaklanjuti implementasinya.

Selanjutnya, Sekdaprov Adi juga mengingatkan bahwa salah satu perubahan era digitalisasi ialah cepatnya akses terhadap penyebaran informasi, pemenuhan satu data Provinsi Kepri menjadi tugas yang harus diemban oleh seluruh Sekretaris OPD.

"Salah satu perubahan era digitalisasi saat ini ialah kecepatannya, maka dari itu segala sesuatu sekarang, kita dituntut untuk cepat. Jika kita tidak memenuhi satu data Kepri, kedepannya kita akan terhambat. Saya harap seluruh Sekretaris OPD menjadi Walidata Perangkat Daerahnya masing-masing, yang aktif dalam pemenuhan data ini," papar Sekdaprov Adi.

Terakhir, Sekdaprov Adi berpesan, agar setelah Sekretaris selesai mengerjakan administrasi OPD-nya, Sekretaris segera melakukan inovasi yang dikhususkan untuk penertiban absensi kehadiran pegawai di lingkungan Provinsi Kepulauan Riau. "Saya tegaskan, pastikan kehadiran para pegawai memberikan kontribusi untuk masyarakat Provinsi Kepulauan Riau, perhatikan kembali tugas dan hasil kinerjanya, agar nantinya kembali menjadi ladang ibadah bagi kita sendiri pula," tutupnya.

#Kepri

Index

Berita Lainnya

Index