Maroko dan Prancis ke Semifinal, Usai Bungkam Portugal dan Tendang Inggris

Maroko dan Prancis ke Semifinal, Usai Bungkam Portugal dan Tendang Inggris
Maroko berhasil menyingkirkan Portugal 1-0 di Piala Dunia 222, Cristiano Ronaldo terlihat menangis usai Portugal disingkirkan Maroko (Foto: Reuters)

GLOBALKEPRI.COM. JAKARTA - Maroko mengukir sejarah dengan lolos ke semifinal Piala Dunia 2022. Kemenangan Prancis atas Inggris juga mewarnai hasil Piala Dunia 2022 tadi malam.

Maroko menyingkirkan Portugal di perempatfinal Piala Dunia 2022. Dalam pertandingan di Al Thumama Stadium, Doha, Sabtu (10/12/2022) malam WIB, Singa Atlas menang 1-0.

Youssef En-Nesyri menjadi pahlawan kemenangan Maroko lewat golnya di babak pertama. Maroko pun mencetak sejarah sebagai negara pertama dari benua Afrika yang menembus semifinal Piala Dunia.

Dari pertandingan perempatfinal lainnya, Prancis mengatasi Inggris. Les Bleus menang 2-1 dalam pertandingan di Al Bayt Stadium, Al Khor, Minggu (11/12/2022) dini hari WIB.

Aurelien Tchouameni membawa Prancis unggul 1-0 di babak pertama. Harry Kane kemudian menyamakan skor lewat penaltinya pada menit ke-54.

Olivier Giroud mengembalikan keunggulan Prancis pada menit ke-78. Inggris sempat kembali dapat penalti pada menit ke-82, tapi tendangan Kane meleset.

Dengan demikian, Maroko dan Prancis akan saling berhadapan di semifinal Piala Dunia 2022. Duel Prancis vs Maroko akan digelar di Al Bayt Stadium, Kamis (15/12/2022) dini hari WIB.

Jalannya Pertandingan
Maroko mengukir sejarah di Piala Dunia dan memberikan kejutan besar di Piala Dunia 2022. Mereka jadi tim Afrika pertama yang tembus semifinal, usai mendepak tim kuat Portugal.

Maroko memastikan satu tempat di empat besar Piala Dunia 2022, usai menang 1-0 atas Portugal di Al Thumama Stadium, Sabtu (10/12/2022) malam WIB. Gol Youssef En-Nesyri pada menit ke-42 menjadi satu-satunya pembeda kemenangan tim berjuluk Singa Atlas tersebut.

Gol Maroko berawal dari kebuntuan di menit ke-42 yang berhasil dipecahkan. Attiat-Allah mengirim umpan dari sayap kiri ke kotak penalti, lalu diselesaikan Youssef En-Nesyri dengan tandukan ke gawang Portugal. Maroko memimpin 1-0.

Maroko mengakhiri pertandingan dengan 10 orang. Pemain pengganti Walid Cheddira harus meninggalkan area permainan lebih awal usai diganjar kartu kuning kedua (kartu merah) di awal injury time.

Singa Atlas menahan gempuran Portugal di babak kedua, bahkan ketika harus kehilangan pemain saat injury time tersisa lima menit. Kartu merah Walid Cheddira membuat perjuangan Maroko sempat lebih sulit.

Portugal berkali-kali mengancam gawang Maroko, namun gempuran Cristiono Ronaldo tidak membuahkan hasil. Namun kemenangan berhasil diamankan dan Maroko pun mengukir sejarah. Mereka adalah tim Afrika pertama yang menjejak semifinal Piala Dunia.

Kalah dari Maroko, Cristiono Ronaldo menangis, matanya terlihat berkaca-kaca. Dari kedua kelopak matanya terlhat, air matnya mengalir. Ronaldo pun langsung meninggalkan arena pertandingan sambil terus berjalan tanpa berbicara apapun.

Atas kemenangan ini, Maroko jadi tim Afrika pertama yang lolos ke semifinal, sebelumnya ada tiga wakil Afrika yang berhasil mencapai perempatfinal, namun semuanya kandas dan tak berhasil melangkah lebih jauh. Mereka adalah Kamerun pada 1990, Senegal pada 2002, dan Ghana pada 2010.

Sementara itu, dalam pertandingan antara Pranvis vs Inggris digelar di Al Bayt Stadium, Al Khor, Minggu (11/12/2022) dini hari WIB. Prancis menang 2-1. Prancis menutup babak pertama dengan keunggulan 1-0 berkat gol Aurelien Tchouameni.

Inggris menyamakan kedudukan pada menit ke-52 lewat penalti Harry Kane. Olivier Giroud kemudian mengembalikan keunggulan Prancis pada menit ke-78.

Inggris kembali mendapat penalti pada menit ke-82. Kali ini, eksekusi Harry Kane tak berbuah gol setelah tendangannya melambung di atas mistar gawang Prancis.

Gol pertama Prancis terjadi yang peluang pertama pada menit ke-11. Ousmane Dembele melepaskan umpan dari sisi kanan dan diteruskan Olivier Giroud dengan sundulan. Upaya Giroud itu masih bisa diamankan Jordan Pickford.

Namun, kemudian Prancis membuka keunggulan pada menit ke-17. Aurelien Tchouameni melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti dan bola mengarah ke pojok kiri bawah gawang tanpa bisa dijangkau Pickford dan gol.

Inggris menunjukkan respons positif usai kebobolan. Tiga Singa terus melancarkan tekanan dan kali ini giliran Harry Kane yang mendapat peluang. Tapi upaya Kane diblok Lloris.

Bahkan Inggris terus mendominasi sejak kebobolan. Namun, mereka tak mampu membobol gawang Prancis sampai babak pertama usai.

Namun, tekanan yang terus dilancarkan Inggris di awal babak kedua berbuah penalti pada menit ke-52. Bukayo Saka melakukan tusukan dari sisi kanan dan dijatuhkan oleh Tchouameni.

Wasit langsung menunjuk titik putih. Kane yang maju sebagai eksekutor melepaskan tembakan ke arah kiri dan mengecoh Lloris. Skor 1-1.

Prancis mencoba untuk langsung mengejutkan Inggris tak lama setelah permainan dimulai kembali. Jules Kounde melepaskan umpan lambung ke Adrien Rabiot.

Giroud nyaris membobol gawang Inggris pada menit ke-77. Theo Herandnez melepaskan umpan dari sisi kiri dan Dembele mengarahkan bola ke Giroud. Pickford menepis tendangan Giroud.

Satu menit kemudian, Giroud benar-benar membobol gawang Inggris untuk mengembalikan keunggulan Prancis. Umpan silang Griezmann dari sisi kiri dituntaskan Giroud dengan sundulan. Prancis unggul 2-1.

Penalti untuk Inggris! Inggris kembali mendapat penalti pada menit ke-82. Wasit sempat mengecek VAR sebelum menunjuk titik putih dan menghukum Prancis atas pelanggaran Theo Hernandez kepada Mason Mount.

Kane kembali maju sebagai eksekutor. Kali ini Kane gagal mengubahnya jadi gol setelah tendangannya melayang di atas gawang.

Inggris sempat mendapat tendangan bebas di depan kotak penalti Prancis di akhir injury time. Marcus Rashford menendang bola, tapi bola mendarat di atas jaring gawang Prancis. Prancis menang 2-1 atas Inggris dan lolos ke semifinal.
 

#Kepri

Index

Berita Lainnya

Index