BI Kepri Siapkan Uang Tunai Rp1,3 Triliun untuk Natal dan Tahun Baru

BI Kepri Siapkan Uang Tunai Rp1,3 Triliun untuk Natal dan Tahun Baru
Ilustrasi.

GLOBALKEPRI.COM. BATAM - Bank Indonesia (BI) Provinsi Kepri telah menyiapkan uang tunai sebesar Rp 1,3 triliun selama perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru).

"Untuk Nataru kita siapkan Rp 1,3 triliun dan sudah ditarik Rp 866 miliar. Porsi untuk Kota Batam itu 85 hingga 90 persen," kata Musni Kepala Perwakilan BI Kepri Musni Hardi K. Atmaja dalam rapat koordinasi menjelang Nataru di Kantor Wali Kota Batam, Rabu (14/12/2022).

Musni menyebutkan, selain mempersiapkan kebutuhan uang tunai menjelang Nataru, pihaknya juga meminta kepada Pemerintah Kota Batam untuk memastikan proses bongkar muat bahan pangan di sejumlah pelabuhan berjalan dengan lancar.

Hal tersebut sebagai salah satu upaya dalam menekan angka inflasi akhir tahun, serta memastikan kebutuhan bahan pangan masyarakat tetap terpenuhi. Hal itu sengat penting untuk menjaga inflasi kota Batam, Kepri pada umumnya. Saat ini angka inflasi di Kota Batam mencapai 4,76 persen.

"Kami juga konsen dengan inflasi, barangkali bisa ditindak lanjut untuk kelancaran bongkar muat bahan pokok. Mudah-mudahan tidak terganggu dengan meningkatnya arus penumpang," kata Musni.

"Kami berharap inflasi Batam pada Desember ini tidak lebih dari 1 persen. Kalau nambah 1 persen kita jadi 5,8 persen. Jadi kami berharap bisa kita jaga inflasinya di bawah 1 persen," tambah Musni.

Sementara, Walikota Batam Muhammad Rudi, meminta kepada pemangku kebijakan yang berada di kawasan bongkar muat bahan pangan dapat mempermudah proses tersebut.

"Saya titip kepada Angkatan Laut dan KSOP, tolong dipermudah, sehingga sampai januari tidak ada kendala tentang inflasi ini," kata Rudi.

#Ekonomi & Bisnis

Index

Berita Lainnya

Index