UMKM, Petani hingga Nelayan di Tanjungpinang Terima Bantuan dari Pemprov Kepri

UMKM, Petani hingga Nelayan di Tanjungpinang Terima Bantuan dari Pemprov Kepri
Penyerahan bantuan mobil pelayanan pajak masyarakat dari Kepala Cabang BRI Tanjungpinang kepada Pemprov Kepri. (Diskominfo Kepri)

GLOBALKEPRI.COM.  TANJUNGPINANG -  Usai menyerahkan bantuan dan panen sorgum di Kabupaten Bintan, Gubernur Kepulauan Riau, H Ansar Ahmad langsung menuju ke Aula Wan Seri Beni, Dompak, untuk menyerahkan bantuan serupa yakni Alat Mesin Pertanian, Alat Perikanan, Bantuan Permodalan UMKM, Sertifikasi Halal dan Peralatan Usaha, Senin (26/12/2022).

Kali ini, Gubernur Ansar menyerahkan secara simbolis bantuan berupa bubu ketam, kawat bubu, jaring udang, chest freezer, cooler box, dan cultivator kepada masing-masing 2 orang penerima.

Kemudian bantuan yang merupakan usulan dari Anggota DPRD Kepri Dapil Kota Tanjungpinang berupa bantuan modal usaha, gerobak, dan mesin pembuat mie.

Selain bantuan usaha, diserahkan pula sertifikat halal self declare dan reguler secara simbolis kepada 2 orang penerima, serta penyerahan bantuan mobil pelayanan pajak masyarakat dari Kepala Cabang BRI Tanjungpinang kepada Pemprov Kepri.

Secara keseluruhan, bantuan yang diberikan Pemprov Kepri antara lain Alat Mesin Pertanian Cultivator kepada 5 kelompok Tani melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Kesehatan Hewan Provinsi Kepulauan Riau, melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepulauan Riau berupa 2.400 Pcs Bubu Ketam kepada 120 orang, 50 Pcs Kawat Bubu kepada 50 orang, 500 buah jaring udang kepada 100 orang, 31 Unit Chest Freezer Jaring udang untuk 3 kelompok; dan 55 unit Cooler Box kepada 5 kelompok penerima.

Sedangkan bantuan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau melalui Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kepulauan Riau terdiri atas Bantuan Modal UMKM di 7 Kab/Kota kepada 1.112 Target Kelompok UMKM dengan Total Pagu Anggaran sekitar Rp 1,786 Miliar, bantuan Sarana dan Prasarana berupa Gerobak sebanyak 81 unit kepada Kelompok UMKM dengan total Pagu Anggaran Sekitar 753 juta di Kota Batam, Kota Tanjungpinang, dan Kabupaten Bintan.

Ada pula bantuan komputer dan printer sebanyak 3 unit kepada 3 Koperasi di Kota Tanjungpinang dan Bantuan Sertifikasi Halal kepada 691 UMKM di 7 Kab/Kota dengan total Pagu Sekitar Rp 404 juta yang terdiri dari Sertifikasi Halal Self Declare kepada 616 UMKM di 7 Kab/Kota dan Sertifikasi Halal Reguler kepada 75 UMKM di Kota Batam, Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan.

Gubernur Ansar menyampaikan, akan memprogramkan bantuan ini setiap tahunnya. Menurutnya ini juga merupakan amanat Presiden RI Joko Widodo karena situasi ekonomi sekarang kurang menguntungkan.

"Setelah pandemi Covid 19, dunia dihadapkan perang Rusia dan Ukraina yang sangat menganggu aktivitas ekonomi di berbagai negara. Karena banyak komoditi penting mengalami dampak terutama harga minyak dunia. Karena situasi ekonomi seperti ini maka di daerah harus punya inovasi dan perubahan. Berbagai usaha dilakukan dengan kebijakan seperti hari ini," ujar Gubernur Ansar, demikian dikutip laman Diskominfo Kepri.

Gubernur juga memaparkan, berbagai pembangunan infrastruktur yang sedang dia gesa mulai dari revitalisasi Kota Tanjungpinang, pembangunan rumah singgah, hingga Jembatab Batam Bintan. "Di sisi lain kita juga harus terus membangun infrastuktur karena daerah kita juga harus maju. Hasil akhirnya pasti memberikan nilai ekonomis bagi masyarakat. Memang APBD kita tidak banyak, tetapi kita maksimalkan," kata Gubernur.

Ia mengajak para penerima bantuan untuk turut berterimakasih kepada jajaran Anggota DPRD Kepri yang telah memberikan perhatian dalam bentuk bantuan-bantuan di Kota Tanjungpinang. "Teman-teman inilah yang menjaga Kota Tanjungpinang mendapat porsi anggaran yang cukup. Selaku Gubernur, tugas saya menganggarkan dan membahas di lingkup pemerintah, dan disahkan di dewan. Doakan teman-teman DPRD ke depan sesuai rencananya masing-masing lebih sukses," ungkap Gubernur Ansar.

#Kepri

Index

Berita Lainnya

Index