Bupati Bintan Sambut Wisatawan Pertama Tahun 2023 di Pelabuhan Internasional BBT Lagoi

Bupati Bintan Sambut Wisatawan Pertama Tahun 2023 di Pelabuhan Internasional BBT Lagoi
Bupati Bintan Roby Kurniawan mengalungkan bunga dan tanjak kepada tamu pertama asal Jepang yakni Taeko Kono dan Atsuto Kono

GLOBALKEPRI.COM. BINTAN - Sebanyak 97 wisatawan mancanegara perdana di tahun 2023 disambut oleh Bupati Bintan Roby Kurniawan di Pelabuhan Internasinal Bandar Bintan Telani (BBT) Lagoi, Minggu (1/1/2023).

Roby Kurniawan mengalungkan bunga dan tanjak kepada tamu pertama asal Jepang, yakni Taeko Kono dan Atsuto Kono. Sementara Plt Kepala Dinas Pariwisata Kepri Luki Prawira Zaiman mengalungkan bunga dan tanjak kepada wisatawan asal Australia, yakni Gavin Moon dan Daniele Moon.

Tamu pertama yang mendapatkan kalungan bunga dan tanjak, yang merupakan pasangan suami istri tersebut, mendapatkan fasilitas berupa tiket fery Singapura Bintan (PP) BRF, voucer hotel di Nirwana Garden dan Grand Lagoy Hotel Bay Willson, serta voucer makan gratis.

"Sektor pariwisata penyumbang PAD terbesar, semoga pandemi benar-benar berakhir di tahun 2023, dan sektor pariwisata kembali bangkit. Diharapkan pengelola wisata bisa mendatangkan turis lebih banyak lagi, agar prekonomian bisa bangkit untuk kesejahteraan masyarakat," ujar Roby.

Sementara Group General Meneger (GGM) PT Bintan Resort Cakrawala (BRC) Lagoi, Abdul Wahab, menyampaikan, untuk hari pertama 2023, ada empat keberangkatan kapal fery dari Singapura ke Lagoi Bintan, dengan penumpang sebanyak 700 orang wisatawan.

"Tentunya ini sebuah kemajuan, di samping menunggu turis lainnya dari negara lain. Termasuk informasi wisatawan dari China, mulai pada 8 Januari 2023 akan mulai berdatangan," katanya.

Dijelaskan, khusus untuk wisatawan dari China, pengelola kawasan wisata bersama pemerintah daerah sudah menyiapkan konsep, salah satunya kedatangan wisatawan China langsung ke Tanjungpinang atau Bintan.

Direncanakan ada lima 5 pesawat dari China setiap hari, dimungkinkan ada sekitar 1.000 wisatawan China yang datang setiap harinya.

"Mengingat sebelum pandemi Covid-19, wisatawan terbanyak kedua setelah Singapura yang berkunjung ke Bintan adalah China," katanya.

Plt Kepala Dinas Pariwisata Kepri, Luki P Zaiman, menyampaikan, mulai 2022 kunjungan wisatawan sudah naik drastis bila dibandingkan tahun sebelumnya.

Dimana kunjungan wisatawan ke Kepri, Bintan adalah salahsatu yang diminati berada urutan kedua setelah Batam.

"Dampak dari pandemi Covid sudha melandai, kinjungan pun mulai meningkat. Ditambah dengan beberapa fasilitas kemudahan yang diberikan kepada wisatawan," ujarnya.

Pemyambutan wisatwan perdana di tahun 2023 tersebut, turut dihadiri oleh Kapolres Bintan AKBP Tidar Wulung Dahono, Kepala Imigrasi Tanjunguban Erwin Hariyadi, Dandim Bintan, Kadis Pariwosata Bintan, serta sejumlah pimpinan instansi di Kepri dan Bintan

Sejumlah pimpinan dan staf pengelola kawasan wisata juga turut dalam penyambutan tam mancanegara ini, di antaranya, Pelabuhan Telaga Punggur Batam, pelabuham Bulang Linggi Tanjungban, pelabuhan Internasional Harbur Bay Batam, Pelabuhan Internasional Tanjung Balai Karimun, Pelabuhan Internasional Tanjungpinang.

Untuk di bagian perairan, Pangkalan PLP Tanjunguban juga mengerahkan sejumlah kapal patroli termasuk KN Rantos dan kapal ainnya, guna memastikan kegiatan Nataru kali ini berjalan dengan aman dan lancar.

"Dalam hal pengawasan, tentunya pihak personil Pangkalan PLP Tanjunguban, terus meningkatkan koordinasi dwngan seluruh instansi terkait lainnya. Dengan harapan agar selueuh kegiatan pada Nataru kali ini, semua berjalan lancar dan aman," harapnya.
 

#Kepri

Index

Berita Lainnya

Index