Banyak Aset Daerah Raib, Pemko Batam Bakal Perkuat Patroli

Banyak Aset Daerah Raib, Pemko Batam Bakal Perkuat Patroli
Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad, usai menghadiri rapat paripurna di Gedung DPRD Batam, Rabu (11/1/2023)

GLOBALKEPRI.COM. BATAM - Pemerintah Kota Batam bekal mengerahkan Satpol PP dan dinas lainnya untuk menintensifkan patroli demi menjaga aset-aset daerah. Menyusul, belakangan banyak aset daerah yang hilang digondol maling.

Hal ini disampaikan Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad, menyikapi hilangnya beberapa aset seperti kabel penerangan jalan umum (PJU) secara berulang.

Amsakar juga sangat menyangkan penjarahan aset milik daerah ini. Di mana, pemerintah berupaya memenuhi kebutuhan fasilitas publik, untuk kepentingan masyarakat, namun, aksi pencurian terhadap aset daerah kian masif.
"Kalau dari kami sudah pasti menyayangkan, dan sangat kecewa atas tindakan aksi pencurian yang berulang ini. Dan masih terus terjadi sampai saat ini," kata Amsakar, usai menghadiri Rapat Paripurna di Kantor DPRD Batam, Rabu (11/1/2023) sore.

Lanjutnya, aset PJU merupakan objek vital dalam urusan penerangan. Ada banyak orang yang bergantung pada penerangan jalan yang setiap hari melintas dan pengguna jalan.

Jika aksi pencurian terus terjadi maka akan merusak ekosistem keamanan di Batam. Petugas yang menjaga aset daerah, hampir setiap hari menemukan kerusakan akibat pencurian aset daerah.

"Setiap patroli ada saja yang hilang. Untuk memperbaiki ini bukannya mudah juga. Dan tentu ada biaya yang harus dikeluarkan," keluhnya.
Dalam waktu dekat, Amsakar akan melakukan rapat dengan Satpol PP serta Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Batam untuk membahas kehilangan aset ini. Serta dilakukan langkah pencegahan agar aksi pencurian ini bisa diminimalisir.

Selain itu, kehilangan aset di halte, serta traffic light juga menjadi target dari maling. Untuk itu diperlukan langkah pencegahan ke depannya. "Mungkin akan kami coba rutin patroli menyasar beberapa titik yang menjadi lokasi pencurian, dan titik lainnya. Semoga upaya kami ini bisa menekan tindakan pencurian terhadap aset daerah," bebernya.

Disebutkannya, Satpol PP memiliki tugas untuk membantu pemerintah dalam mengamankan aset ini. Pihaknya akan mencoba membahas ini dengan dinas terkait.

Ia berharap ada pola yang diterapkan nanti, untuk meminimalisir aksi pencurian terhadap aset daerah ini. "Kami coba jaga. Nanti mungkin Satpol PP punya pola untuk patroli dalam memantau keberadaan aset ini," tutup Amsakar Achmad.
 

#Kepri

Index

Berita Lainnya

Index