Dewi Ansar Bersama Organisasi Wanita Kepri Bersihkan Pantai Dugong di Bintan

Dewi Ansar Bersama Organisasi Wanita Kepri Bersihkan Pantai Dugong di Bintan
Family gathering antara para pengurus TP-PKK Kepri, BKMT Kepri, LKKS Kepri, YKI Kepri dan Dekranasda Kepri di Pantai Dugong, Bintan, Minggu (15/1/2023). (Diskominfo Kepri)

GLOBALKEPRI.COM. BINTAN - Ketua TP-PKK Kepri, Dewi Kumalasari Ansar mengajak para pengurus PKK, BKMT, LKKS Kepri, YKI Kepri dan Dekranasda Kepri untuk membersihkan pesisir Pantai Dugong, Kabupaten Bintan dari sampah pada Minggu (15/1/2023).

Aksi mensterilkan atau membersihkan sampah oleh ibu-ibu pengurus organisasi wanita tersebut seakan menjawab bahwa bukan masanya lagi, kaum ibu hanya beraktivitas sebatas kasur, sumur dan dapur. Namun jauh dari itu juga peduli dengan lingkungan dan komunitas sekitarnya.

Tampak para pengurus organisasi wanita tersebut bersama-sama menyisir dan mengumpulkan segala jenis sampah, baik yang ada di bibir pantai maupun di jalanan menuju ke Pantai Dugong.

"Kegiatan ini merupakan aksi peduli kami pada lingkungan hidup dan saya mengharapkan kegiatan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat yang berkunjung ke pantai Dugong atau masyarakat di sekitar pantai Dugong," kata Dewi Ansar, yang merupakan Ketua dari organisasi wanita tersebut, demikian dikutip laman Diskominfo Kepri.

Dewi Ansar mengatakan, Pantai Dugong di Kabupaten Bintan merupakan aset daerah yang perlu dijaga. Karena pantai tersebut memiliki nilai ekonomi bagi masyarakat di sekitarnya, juga karena Pantai Dugong sudah menjadi salah satu spot wisata di Provinsi Kepri.

"Untuk itu, saya sangat menyayangkan jika kondisi pantai dibiarkan kumuh tanpa dijaga kebersihannya dan saya berharap baik masyarakat di sekitar Pantai Dugong atau pengunjung yang datang harus meningkatkan kesadarannya untuk tidak membuang sampah sembarangan," pesannya.

Selanjutnya, Dewi Ansar menjelaskan, keberadaan sampah plastik di lautan sangatlah berbahaya. Selain membuat pemandangan kumuh, sampah tersebut bahkan dapat menjadi racun bagi ekosistem kehidupan di dalam laut.

"Pasalnya sampah plastik itu tidak dapat terurai hingga 250 tahun dan akan berbahaya jika dikonsumsi ikan dan makhluk laut lainnya. Sampah harus dibuang pada tempat yang seharusnya," tegasnya.

Terakhir, Dewi Ansar menyarankan kepada Pemprov Kepri agar mengimbau kepada masyarakat tidak membuang sampah di pantai dan kalau bisa mengadakan kegiatan gotong royong untuk membersihkan pantai-pantai yang ada di Kepri secara rutin minimal seminggu sekali.

"Bukan hanya Pantai Dugong saja yang kita harus jaga kebersihannya, pantai-pantai lainnya yang ada di Kepri harus dijaga kebersihannya supaya wisatawan luar negeri dan wisatawan dalam negeri yang berkunjung ke pantai-pantai yang ada di Kepri merasa bahagia karena pantai-pantai tersebut tidak memiliki sampah," tutupnya.

Kegiatan ini juga disejalankan dengan family gathering antara para pengurus TP-PKK Kepri, BKMT Kepri, LKKS Kepri, YKI Kepri dan Dekranasda Kepri guna menjalin silaturahmi antar pengurus organisasi dan juga bisa sebagai wadah untuk saling bertukar pikiran.

#Kepri

Index

Berita Lainnya

Index