Lanal TBK Sambut Kepulangan ABK Kapal KM Bahagia Natuna dari Vietnam

Lanal TBK Sambut Kepulangan ABK Kapal KM Bahagia Natuna dari Vietnam
Pangkalan TNI AL Tanjung Balai Karimun (Lanal TBK) sambut kepulangan Raden Bambang Firman Alamsyah (Iman), ABK KM. Bahagia Natuna (foto: Istimewa)

GLOBALKEPRI.COM.  KARIMUN - Pangkalan TNI AL Tanjung Balai Karimun (Lanal TBK) sambut kepulangan Raden Bambang Firman Alamsyah (Iman), ABK KM Bahagia Natuna yang hanyut di perairan Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, hingga ditemukan di laut Vietnam beberapa hari lalu.

Penyambutan dilakukan di Pelabuhan Domestik Tanjung Balai Karimun oleh Lanal TBK, Polairud Polres Karimun, Kesbangpol Pemkab Karimun, dan Imigrasi Karimun, Sabtu (21/1/2023).

Danlanal TBK yang diwakili Pasops Kapten Laut (P) Endy Kurniawan menyampaikan ucapan syukurnya Iman sudah kembali dalam keadaan selamat. Proses evakuasi memang cukup lama dan dijemput di bandara Hang Nadim Batam saat baru tiba dari Jakarta.

Proses kepulangan memang cukup lama, karena sebelum sampai di pelabuhan Karimun, Iman yang ditemukan di negara Vietnam harus melalui rute perjalanan dari Vietnam ke Malaysia lanjut ke Jakarta, kemudian ke Batam dan baru pulang ke Karimun

"Proses kepulangan Iman sebelumnya melalui koordinasi antara pihak terkait," kata Endy Kurniawan

Ia menjelaskan untuk selanjutnya Iman akan diserahkan kepada pihak keluarga dan diantar sampai ke rumah orang tuanya dengan kondisi selamat dan sehat.

Sementara Raden Ridwan, orang tuanya Iman, menyampaikan puji syukur alhamdulillah karena anaknya bisa kembali dalam keadaan sehat wal'afiat, sehingga bisa bertemu dengan saudara-saudaranya di rumah

"Terima kasih kepada Pak Danlanal, Pak Kapolres Karimun, Imigrasi Karimun dan Kesbangpol Kabupaten Karimun yang telah membantu kelancaran proses kepulangan Iman dari Vietnam," ucap Raden Ridwan

Sementara Danlanal TBK Letkol Laut (P) Joko Santosa menghimbau kepada nelayan yang sedang melaut, agar tetap mengutamakan faktor keselamatan personel maupun materiil supaya tidak terjadi laka laut lagi, agar meminimalisir adanya suatu kecelakaan yang diakibatkan oleh faktor cuaca dan faktor non teknis lainnya.

"Jika hendak melaut, agar memperhatikan cuaca. Jika cuaca buruk, agar menunda keberangkatan, tunggu cuaca reda, baru ke Laut," ujar Danlanal TBK.

#Kepri

Index

Berita Lainnya

Index