PSSI Pastikan Pakai Shin Tae Yong Sampai Kontrak Berakhir

PSSI Pastikan Pakai Shin Tae Yong Sampai Kontrak Berakhir
Pelatih Timnas Sepak Bola Indonesia, Shin Tae Yong. (internet)

GLOBALKEPRI.COM.JAKARTA- PSSI memastikan Shin Tae Yong (STY) masih tetap menangani Timnas Indonesia hingga kontraknya berakhir sampai Desember 2023 mendatang.

Timnas Indonesia kembali gagal meraih gelar juara Piala AFF 2022 setelah disingkirkan Vietnam di babak semifinal. Kepastian ini terjadi setelah Indonesia takluk 0-2 pada leg kedua semifinal di Hanoi, Senin (9/1), setelah imbang 0-0 di leg pertama.

Artinya pula 31 tahun sudah Timnas Indonesia tak berprestasi. Gelar prestisius terakhir yang dicapai skuad Garuda adalah medali emas SEA Games 1991 di Manila, Filipina.

Karenanya setelah kegagalan ini suara publik terpecah. Ada yang meminta Shin Tae Yong dipecat PSSI, namun ada juga yang berharap dipertahankan.

Tapi, PSSI memastikan kontrak STY masih aman hingga Desember 2023.

"Iya, dong [pertahankan Shin Tae Yong]," kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI Yunus Nusi di Jakarta, Selasa (24/1), dikutip dari Antara.

Yunus juga mengatakan Shin Tae Yong akan langsung mempersiapkan Timnas Indonesia U-20 untuk berkompetisi di Piala Asia U-20 2023, begitu tiba di Indonesia.

Shin Tae Yong saat ini masih berada di kampung halamannya Korea Selatan. Dia diperkirakan kembali menangani skuad Garuda pada awal Februari nanti. Adapun Piala Asia U-20 2023 akan berlangsung pada 1-18 Maret di Uzbekistan.

"Shin akan langsung memimpin persiapan Piala Asia U-20," kata Yunus Nusi menegaskan.

Masa depan Shin Tae Yong di Timnas Indonesia menjadi pembicaraan seiring tuntasnya kontrak pelatih timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu pada Desember nanti.

Selama menangani Timnas Indonesia sejak Desember 2019, Shin Tae Yong membawa timnas senior lolos ke Piala Asia 2023 dan timnas U-20 melaju ke Piala Asia U-20 2023. Kemudian, dia berhasil mendongkrak peringkat FIFA Timnas Indonesia dari 179 ke 151.

Namun, di Piala AFF, Shin Tae Yong dua kali tidak mampu mempersembahkan gelar juara. Pada Piala AFF 2020, dia mengantarkan Indonesia hingga final, tetapi di Piala AFF 2022, tim Garuda hanya sampai di semifinal. **

#Olahraga

Index

Berita Lainnya

Index