Cuaca Buruk, Gubernur Ansar Imbau Masyarakat Waspada Banjir dan Longsor

Cuaca Buruk, Gubernur Ansar Imbau Masyarakat Waspada Banjir dan Longsor
Gubernur Kepri Ansar Ahmad.

GLOBALKEPRI.COM. BATAM - Gubernur Kepri, Ansar Ahmad meminta masyarakat agar waspada bencana banjir dan longsor akibat hujan deras yang melanda sejumlah wilayah di Kepri beberapa hari terakhir.

"Saya rasa sudah saat masyarakat lebih waspada, dengan adanya curah hujan yang cukup tinggi saat ini. Termasuk yang berada di kawasan-kawasan drainase, kalau bisa gotong-royong membersihkan sampah supaya tidak terjadi genangan air," ujar Ansar di Batam, Rabu (25/1/2023).

Gubernur Ansar menjelaskan, salah satu penyebab terjadinya banjir di setiap Kabupaten/Kota di Kepri akibat hujan berkepanjangan, disamping itu, kebersihan drinase.
"Jadi kalau hujannya berlarut-larut dan deras, saya rasa sebaik-baiknya drainase juga akan ada banjir, namun tidak terlalu lama, jangankan kita, negara-negara maju juga akan berdampak banjir, kalau intensitas hujannya tinggi," terangnya.

Meski demikian, Ansar menyebutkan bahwa, bila terjadi banjir yang berdampak dan berpengaruh pada aktivitas masyarakat, tentunya Pemprov Kepri tidak akan tinggal diam. Perhatian serta bantuan akan menjadi prioritas pemerintah.

"Kalau bantuan tetap ada. Kebutuhan kepada masyarakat terdampak tetap ada untuk setiap Kabupaten/Kota, kalau yang skalanya besr baru kami gunakan BTT (Belanja Tidak Terduga)," ucapnya.

Diketahui, sejumlah wilayah di Provinsi Kepri mengalami banjir akibat hujan yang terjadi selama tiga hari belakangan ditambah pasang air laut.
 

#Kepri

Index

Berita Lainnya

Index