Petugas Damkar Lingga Amankan 2 Ekor Ular Kobra dari Pemukiman Warga

Petugas Damkar Lingga Amankan 2 Ekor Ular Kobra dari Pemukiman Warga
ersonel Damkar Daik, Lingga saat mengevakuasi dua ular kobra dari pemukiman warga, Rabu (1/2/2023)

GLOBALKEPRI.COM. LINGGA - Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Daik, Kabupaten Lingga berhasil mengamankan dua ekor ular kobra sepanjang 1 meter dari pemukiman warga.

Ular ini diketahui bersembunyi di balik tumpukan kardus sebelah warung warga Kampung Pahang.

Anggota Damkar wilayah Daik yang mendapat informasi munculnya reptil berukuran sekitar satu meter di permukiman warga itu langsung bergerak. Mereka kemudian mengevakuasi ular kobra untuk dilepas ke habitat yang jauh dari permukiman penduduk.

"Kami evakuasi Jumat (27/1/2023). Ular itu bersarang di dalam semak, tetapi dekat betul dengan tumpukan kardus," kata Komandan Pleton (Danton) Damkar Wilayah Daik, Novi Sarizal, Rabu (1/2/2023).

Ia menduga, dua ular kobra tersebut hendak kawin dan membuat sarang di sana.

Sebagai upaya pencegahan, Novi juga sebelumnya meminta kepada masyarakat untuk senantiasa menjaga dan merawat lingkungan tempat tinggalnya masing-masing. "Apalagi yang memiliki semak belukar karena dikhawatirkan bisa menjadi rumah bagi binatang buas seperti ular dan lain-lain," imbaunya.

Novi juga menyampaikan, kepada warga yang membutuhkan bantuan penanganan animal rescue, dapat menghubungi unit Damkar wilayah Daik Lingga.

Selain menangani kebakaran, Damkar unit Daik maupun Damkar unit Dabo Singkep juga menangani animal rescue seperti penanganan sarang tawon, serta penanganan reptil.

#Kepri

Index

Berita Lainnya

Index