DP3APM Kota Tanjungpinang Beri Pembinaan dan Pelatihan Peran Forum Anak sebagai Pelopor dan Pelapor

DP3APM Kota Tanjungpinang Beri Pembinaan dan Pelatihan Peran Forum Anak sebagai Pelopor dan Pelapor
DP3APM Kota Tanjungpinang menggelar kegiatan pembinaan pelatihan Pelopor dan Pelapor (2P) Forum Anak Kota Tanjungpinang. (Ist)

GLOBALKEPRI.COM. TANJUNGPINANG - Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3APM ) Kota Tanjungpinang menggelar kegiatan pembinaan dan pelatihan Pelopor dan Pelapor (2P) Forum Anak Kota Tanjungpinang.

Kegiatan yang berlangsung di Aula SMA Negeri 4 Kota Tanjungpinang, Minggu (26/2/2023), menghadirkan Sudirman Latif sebagai narasumber dan dibuka langsung oleh Wali Kota Tanjungpinang Hj. Rahma, S.IP. M.M.

Pembinaan dan pelatihan Pelopor dan Pelapor (2P) ini diikuti sebanyak 90 peserta yang terdiri dari 46 anak perwakilan dari Forum Anak Kota Tanjungpinang, 8 anak perwakilan dari Forum Anak Kecamatan, dan 36 anak perwakilan dari Forum Anak Kelurahan, serta Fasilitator Forum Anak Kota Tanjungpinang.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk mensosialisasikan peran Forum Anak sebagai Pelopor kegiatan-kegiatan pemenuhan hak anak dan Pelapor atas kasus-kasus terlanggarnya hak-hak anak dan terjadinya kekerasan terhadap anak.

Pemahaman peran sebagai pelopor dan pelapor ini dianggap penting dikuasai oleh para anggota Forum Anak karena mereka diharapkan menjadi agen perubahan di tengah tengah masyarakat dan lingkungannya.

Pada pembinaan dan pelatihan 2P kali ini mengusung tema 'Anak Bijak, Bertindak Mulia' ini, anak anak diharapkan mampu menjadi contoh dan teladan bagi teman-teman sebayanya dalam upaya mengakses hak sipil dan kebebasan, hak pengasuhan, hak kesehatan, hak pendidikan, hak partisipasi dan mampu mencegah kekerasan terhadap anak.

Pentingnya peran Forum Anak sebagai pelopor tersebut kembali ditegaskan Wali Kota Rahma pada saat memberikan pengarahan kepada para peserta. "Bahwa anak-anak sebagai generasi muda harus mulai belajar menjadi pelopor kebaikan, dan berani menyuarakan pendapat," tegas Wali Kota Tanjungpinang Hj. Rahma.

"Sampaikan pesan kepada anak-anak yang lain melalui yel-yel yang memotivasi serta memiliki pesan moral yang tinggi, seperti pesan jauhi narkoba, cegah perkawinan usia anak dan sebagainya," imbuhnya.

Wali Kota juga menyampaikan komitmen untuk mengalokasikan pada setiap kelurahan satu set komputer dan printer untuk Forum Anak dan memerintahkan Bapelitbang agar memastikan hal tersebut ada dalam rencana kerja kelurahan tahun 2024 mendatang.
 

#Kepri

Index

Berita Lainnya

Index