Stok Mencukupi hingga Ramadhan, Kombes Nasriadi: Batam Tak Perlu Impor Ikan

Stok Mencukupi hingga Ramadhan, Kombes Nasriadi: Batam Tak Perlu Impor Ikan
Dirreskrimsu Polda Kepri, Kombes Pol Nasriadi (tengah) usai Sidak gudang ikan milik PT Hasil Laut Sejati di Pulau Setokok, Kecamatan Bulang, Kota Batam, Selasa (7/3/2023).

GLOBALKEPRI.COM. BATAM -  Direskrimsus Polda Kepri Kombes Pol Nasriadi bersama sejumlah Kepala Dinas Pemko Batam melakukan sidak ke gudang ikan milik PT Hasil Laut Sejati di Pulau Setokok, Kecamatan Bulang, Kota Batam, Selasa (7/3/2023).

Sidak ini dilakukan bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian dan Dinas Perikanan.

Direskrimsus Polda Kepri, Kombes Pol Nasriadi, menyampaikan, setelah melihat kondisi stok beberapa jenis ikan konsumsi di gudang ikan tersebut, didapati bahwa stok ikan bisa mencukupi kebutuhan masyarakat hingga menyambut Ramadhan nanti.
"Kita lihat langsung tadi, stok ikan masih sangat mencukupi, terutama ikan benggol. Artinya impor ikan itu tidak perlu," tegas Kombes Nasriadi di gudang ikan PT Hasil Laut Sejati.

Kombes Nasriadi yang juga sebagai Tim Satgas Pangan Provinsi Kepri melanjutkan, dari hasil sidak tersebut, ditemukan ikan konsumsi yang stoknya agak kurang adalah ikan jenis kembung. Namun, pengusaha ikan tersebut bisa mengantisipasi kekurangan itu dengan mendatangkan pasokan dari Pulau Jawa.

"Ikan kembung dipasok dari Pulau Jawa, baru-baru ini masuk satu kontainer atau lebih kurang 13 ton. Itu dari Juana Pati, Jawa Tengah," terangnya.
Sementara Kepala Dinas Perikanan Kota Batam, Ridwan Affandi, menuturkan, kebutuhan ikan laut untuk konsumsi masyarakat Batam berkisar 18 ribu ton per tahun. Setelah melihat kondisi dan stok yang ada saat ini, dia meyakini stok ikan laut masih mencukupi.

"Selain itu, masyarakat kita juga banyak yang mengkonsumsi ikan air tawar. Jadi tidak ada masalah dengan stok saat ini," kata Ridwan.

Ditambahkannya, sidak yang dilakukan pada gudang penyimpanan ikan laut, dan sejumlah pasar di Kota Batam, selain untuk melihat langsung stok menjelang Ramadhan, hal itu juga bertujuan untuk mengantisipasi kestabilan harga pasar.

"Akhir-akhir ini kan musim angin lagi tidak bersahabat dengan nelayan, pastinya hal itu berpengaruh pada pasokan. Tetapi kita lihat di sini, pengusaha ikan sudah mengantisipasinya," pungkas Ridwan Affandi.

#Kepri

Index

Berita Lainnya

Index