Pariwisata Batam Kembali Bergairah, Kedatangan 41 Wisman China Disambut Atraksi Kebudayaan

Pariwisata Batam Kembali Bergairah, Kedatangan 41 Wisman China Disambut Atraksi Kebudayaan
Kunjungan wiswan China ke Batam disambut dengan pengalungan bunga. (Istimewa)

GLOBALKEPRI.COM. BATAM -  Dunia pariwisata Kota Batam menampakkan kemajuan pasca pandemi covid-19. Hal ini juga ditandai dengan kunjungan perdana sebanyak 41 Wisatawan mancanegara (Wisman) dari China ke Batam, Sabtu (11/3/2023).

Melalui Pelabuhan Internasional Batam Center, Pemko Batam melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) menyambut kunjungan wisman pertama asal China.

Alunan musik dari grup band Malaykustik mengiringi penyambutan. Menjadi hiburan tersendiri dalam penyambutan wisman tersebut. Atraksi kebudayaan ini dalam rangka mensosialisasikan Peraturan Daerah (Perda) No. 1 Tahun 2018 tentang Pemajuan Kebudayaan Melayu.

Terlihat, wisman asal negeri tirai bambu ini antusias menyaksikan penyambutan dan tak lupa mereka mengabadikan momen itu lewat jepretan kamera smartphone. "Luar biasa penyambutannya, orang Batam sangat ramah," kata Huang Cun Cun, wisman asal China, saat berada di pelabuhan Batam center, Sabtu (11/3/2023).

Cun cun mengatakan, kunjungan ini pertama kali baginya. Selama di Batam, ia akan mengunjungi destinasi wisata salah satunya pantai. "Kami berada di Batam selama 4 hari 3 malam, pergi ke pantai, diving, dan menikmati kuliner," terangnya.

General Manager PT ECO Indo Travel, Andi, mengatakan selain mengunjungi pantai, wisman ini akan mengunjungi wisata religi, yakni Maha Vihara Duta Maitreya Monastery, Klenteng Tua Pek Kong, Museum Batam Raja Ali Haji, Welcome To Batam, Jembatan Barelang, dan Grand Batam Mall. "Makan di restoran juga nantinya," ucapnya.

Kepala Disbudpar Kota Batam Ardiwinata mengatakan, kegiatan penyambutan ini sebagai tanda sukacita atas kehadiran wisman tersebut. Kegiatan penyambutan sengaja dibuat untuk memberikan kenangan kepada pelancong sehingga dapat kembali lagi ke berwisata di Kota Batam.

"Kegiatan ini adalah 7 unsur dari sapta pesona yakni memberikan kenangan sehingga wisman datang kembali," tuturnya.

Ardi menyebutkan, China termasuk 5 negara terbanyak yang berkunjung ke Kota Batam. Sepanjang tahun 2022, yakni sebanyak 10.532 kunjungan. "Mudah-mudahan tahun 2023 ini lebih banyak lagi wisman dari China dan wisman dari negara lainnya datang ke Batam," harapnya.
 

#Kepri

Index

Berita Lainnya

Index