Jelang Idul Fitri 2023, Amsakar Terus Lakukan Koordinasi dengan TPID Demi Jaga Inflasi

Jelang Idul Fitri 2023, Amsakar Terus Lakukan Koordinasi dengan TPID Demi Jaga Inflasi
Wakil Walikota Batam Amsakar Achmad

GLOBALKEPRI.COM. BATAM - Menjelang lebaran Idul Fitri 1444 H/2023, Pemerintah Kota Batam terus melakukan koordinasi dengan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) demi menjaga inflasi di Kota Batam.

Wakil Walikota Batam Amsakar Achmad menyebutkan, berdasarkan hasil pemantauan disejumlah pasar, beberapa komoditi mengalami penurunan harga. Hal ini merupakan kabar baik, menjelang lebaran.

Amsakar Achmad mengatakan, sejumlah komoditi dilaporkan mengalami penurunan harga dari sebelumnya seperti telur. Sementara komoditi lainnya terpantau normal.

"Inflasi kita jaga. Komoditi kita penuhi. Bersama dengan distributor yang memiliki peran penting dalam pasokan ke Batam ini," ujar Amsakar Achmad usai menghadiri Rapat Paripurna di Kantor DPRD Batam, Kamis (6/4/2023).

Selain pasokan memadai, lanjut mantan Kadisperindag ini, harga beberapa kebutuhan pokok seperti beras, daging ayam dan bawang juga turun. Komoditi yang perlu diantisipasi kenaikannya adalah daging sapi.

"Biasanya daging sapi permintaannya meningkat. Jadi akan berpengaruh pada harga. Sehingga hal ini perlu diantisipasi," sebutnya.

Dijelaskannya, Pemerintah bersama distributor berupaya melakukan intervensi harga pasar. Kegiatan intervensi harga dilakukan dengan menggelar pasar murah, mendekati lebaran yang tinggal dua pekan lagi.

"Pekan depan sudah mulai kembali berjalan pasar murah. Hal ini sesuai dengan rencana awal terkait pelaksanaan pasar murah di tengah bulan puasa atau mendekati lebaran," terangnya.

Komoditi strategis akan menjadi fokus dari distributor selama pasar murah. Komoditi seperti daging sapi beku akan ditambah, guna memenuhi permintaan.

"Saya berharap tidak ada panic buying mendekati lebaran ini. Karena pasti akan berdampak terhadap harga nantinya. Semua panik harga naik. Jadi ini yang harus kami jaga. Salah satunya pasar murah, dan kontrol harga di pasar," pintanya.

Sementara itu, kegiatan pasar murah akan digelar mulai tanggal 12-18 April di 10 titik yang ada di sembilan kecamatan mainland.

Beberapa komoditi di antaranya bawang merah, cabai rawit, daging beku, beras, minyak makan, gula pasir, dan lainnya.

#Kepri

Index

Berita Lainnya

Index