Usai Libur Lebaran, Pengurusan Paspor di Kantor Imigrasi Batam Meningkat

Usai Libur Lebaran, Pengurusan Paspor di Kantor Imigrasi Batam Meningkat
Kepala Kantor Imigrasi Batam, Subki Miuldi.

GLOBALKEPRI.COM. BATAM - Pascalibur panjang pada perayaan Hari Raya Idul Fitri dan cuti bersama, pembuatan paspor di Kantor Imigrasi Batam, mengalami peningkatan. Hal ini terlihat dari jumlah atrean pengunjung, Selasa (2/5/2023).

Kepala Kantor Imigrasi Batam, Subki Miuldi, peningkatan permohonan pengurusan paspor hingga saat ini masih terkendali.

"Pengurusan paspor di Batam ini tidak pernah sepi, tadi kelihatan ramai, itu dikarenakan ada yang mendapatkan jadwal siang atau sore, mereka datang pagi, jadi kelihatan ramai atau ngantre," ujar Subki Miuldi, saat ditemui di depan kantornya.

Lanjut Subki, untuk meningkatkan pelayanan dan menghindari penumpukan atau antrean masyarakat yang ingin membuat paspor, pihaknya telah mengatur sedemikian rupa, mulai dari pendaftaran secara online, hingga pengambilan nomor antrean secara fisik.

"Nomor registrasi pendaftaran online itu maksimal 200 pendaftar untuk M-paspor, untuk Prioritas 50 paspor dan Layanan Percepatan 30 paspor. Ini dilayani dari jam 8 pagi hingga jam 3 sore," kata Subki.

Dijelaskannya, terkait adanya antrean panjang yang terjadi di pagi tadi, karena yang mengurus dokumen perjalanan paspor itu, sebagian menganggap bahwa antrean yang teregistrasi pada saat pendaftaran online, menjadi nomor antrean secara fisik.

"Antrian di online itu bukan menjadi antrean fisik. Artinya disaat pemohon tiba di kantor, itu harus registrasi secara fisik dan mengambil nomor antrean. Di situ terlihat menumpuk, tetapi saya langsung turun ke lapangan, itu hanya terjadi sekitar 15 menit lah," terang Subki.

Subki menambahkan, bagi masyarakat yang ingin membuat paspor secara cepat, pemerintah melalui Kantor Imigrasi telah membuka layanan percepatan. Dengan demikian, masyarakat tidak butuh waktu lama dalam pengurusan, tentunya syarat fisik berkas pemohon sesuai dengan aturan keimigrasian.

"Bagi yang mau paspornya cepat selesai, kan ada layanan percepatan, itu ada biaya resmi plus Rp 1 juta dari biaya paspor normal. Artinya, pagi paspor diurus, sore dah bisa ambil paspor. Tentunya syarat administrasi sesuai aturan," pungkas Subki Miuldi.

Diketahui, sejumlah layanan paspor pada Kantor Imigrasi Batam, di antaranya Layanan Paspor Baru, Penggantian dan Penambahan nama (Endors); Layanan Prioritas, layanan ini ditujukan pada Balita, Lansia, Disabilitas dan Ibu hamil; Layanan BAP Paspor, layanan ini meliputi, perubahan data paspor, paspor hilang dan paspor rusak.

#Kepri

Index

Berita Lainnya

Index