WBP Lapas Batam Dibekali Beragam Keterampilan untuk Diaplikasikan Setelah Bebas

WBP Lapas Batam Dibekali Beragam Keterampilan untuk Diaplikasikan Setelah Bebas
WBP Lapas Batam saat mengikuti pelatihan pengolahan tempe. (Ist)

GLOBALKEPRI.COM. BATAM - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Batam merupakan salah satu Unit Pemasyarakatan yang ada di Kepulauan Riau (Kepri). Di mana salah satu tujuan berdirinya sebagai sarana pembinaan untuk meningkatkan kualitas kepribadian dan kemandirian Narapidana dan Anak Didik, Senin (08/5/2023).

Pembinaan kemandirian sendiri di Lapas Batam berada di bawah Seksi Kegiatan Kerja dengan fokus utama melatih Narapidana atau yang sekarang lebih dikenal sebagai Warga Binaan mempersiapkan diri dengan dibekali beberapa keterampilan dunia kerja yang dapat diaplikasikan ketika keluar dari Lapas Batam nantinya (Hard Skill).

Di Lapas Batam sendiri program pembinaan kemandirian sangat beragam, mulai dari Meubel, Tempe, Roti, Laundry, Pangkas Rambut dan Perkebunan.

Kepala Lapas Batam, Bawono Ika Sutomo, menyampaikan pembinaan yang diberikan guna mencapai salah satu tujuan utama pemasyarakatan, yakni mempersiapkan para WBP disaat bebas nanti.

Diharapkan mereka memiliki keahlian dan keterampilan yang dapat terwujud menjadikan WBP produktif. "Program pembinaan kemandirian ini, untuk mendorong warga binaan memiliki semangat bekerja. Ini akan menjadi salah satu bekal bagi mereka untuk kembali ke masyarakat. Dan kita tingkatkan terus pembinaan terhadap WBP Lapas Batam," ujar Bawono.

Sementara Pembinaan Kepribadian di Lapas Batam berada di bawah Seksi Pembinaan Narapidana dan Anak Didik dengan fokus utama pendekatan kepada Tuhan dan juga membina kepribadian dari Narapidana atau Warga Binaan dengan harapan dengan lebih dekat kepada Tuhan maka Narapidana tidak akan mengulangi perbuatan yang melawan hukum.

Kegiatan pembinaan kepribadian yang ada di Lapas Batam seperti kegiatan Ibadah semua agama, Kesadaran berbangsa dan bernegara yang salah satunya adalah kegiatan Pramuka, serta kegiatan intelektual seperti program Paket A, B dan C.
 

#Kepri

Index

Berita Lainnya

Index