4 Khasiat Kecantikan yang Terkandung dalam Bunga Melati

4 Khasiat Kecantikan yang Terkandung dalam Bunga Melati
ilustrasi bunga melati

GLOBALKEPRI.COM. JAKARTA -  Jasminum atau nama lain dari melati, adalah genus dari semak dan tanaman merambat dalam keluarga zaitun (Oleaceae). Genus ini mencakup sekitar 200 spesies asli dari daerah beriklim tropis dan hangat. Indonesia sendiri mengenal jenis melati putih (Jasminum sambac) dan melati gambir (Jasminum officinale) yang biasa ditanam di halaman.

Selain terlihat cantik untuk menghias halaman rumah, bunga melati juga sering digunakan untuk menambah rasa dalam teh atau hidangan manis. Juga kerap dijadikan bahan perawatan kecantikan.
Bunga melati memiliki sifat antioksidan dan juga antibakteri yang digunakan untuk aromaterapi. Apa saja khasiat kecantikan yang dimiliki bunga melati? Berikut ini kami tampilkan beberapa di antaranya.

1. Melembapkan Kulit
Bunga melati memiliki sifat antioksidan. Kandungan nutrisinya berfungsi untuk mengembalikan kelembapan yang hilang dari kulit.
Kandungan yang dimiliki melati juga dapat membuka pori-pori kulit yang tertutup, kemudian melembapkan dan menjadikannya lebih sehat.

2. Melancarkan Peredaran Darah
Bunga melati juga dapat menghangatkan kulit, sehingga peredaran darah pun menjadi lebih lancar. Agar bisa memperoleh manfaat dari melati, Anda bisa memanfaatkan minyak melati yang banyak dijual di pasaran. Anda juga bisa memanfaatkan teh melati dalam tea bag yang dijual di pasaran.

3. Menjadikan Tidur Lebih Nyeyak
Istirahat cukup dan tidur nyenyak yang berkualitas merupakan kunci dari kulit yang awet muda dan bebas masalah. Anda bisa mendapatkannya dengan bantuan melati.

Bunga berbentuk kecil ini memang mempunyai aroma yang sangat menenangkan. Hirup aromanya sebelum tidur sehingga tidur Anda pun menjadi lebih berkualitas.
4. Menurunkan Risiko Kanker
Manfaat yang bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi bunga ini adalah adanya zat anti-karsinogenik dan anti-virus di dalamnya. Hirup aroma minyak esensial jasmine yang sudah dipanaskan, konsumsi teh melati, atau santaplah bunga melati segar sebagai salad secara teratur untuk menurunkan risiko kanker dan penyakit-penyakit yang disebabkan oleh virus.

Demikian aneka manfaat kecantikan yang bisa didapatkan dari bunga melati.
 

Berita Lainnya

Index