Simak Khasiat Akar Bajakah bagi Kesehatan, Beserta Cara Mengonsumsi & Efek Sampingnya

Simak Khasiat Akar Bajakah bagi Kesehatan, Beserta Cara Mengonsumsi & Efek Sampingnya
pohon bajakah

GLOBALKEPRI.COM. JAKARTA - Akar bajakah berasal dari Kalimantan Tengah. Pohon akar bajakah berada di tengah hutan rimbun yang tidak banyak kena matahari. Akar bajakah memiliki nama lain spatholobus littoralis hassk dan sangat populer bagi masyarakat Dayak di pedalaman Kalimantan karena khasiatnya.

Penelitian mengenai kayu bajakah yang dapat mengobati kanker ini muncul saat 3 pelajar SMA dari Indonesia yang meraih medali emas pada ajang World Invention Creativity Olympic di Seoul, Korea Selatan, pada 2019 lalu.
Hasil penelitian tersebut menyebutkan bahwa akar bajakah memiliki kandungan senyawa berupa fenolik, flavonoid, tannin, dan saponin yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dan mencegah berbagai macam penyakit.

Meski demikian, terdapat beragam efek samping yang dihasilkan dari mengonsumsi akar bajakah. Namun perlu diketahui cara mengonsumsi akar bajakah dengan tepat. Dilansir dari berbagai sumber, Rabu (31/5) simak informasinya berikut ini.
Kandungan Kayu Bajakah
Dalam sebuah penelitian, akar kayu bajakah (spatholobus littoralis hassk) merupakan salah satu jenis obat herbal tradisional yang populer. Tanaman ini biasa dimanfaatkan oleh masyarakat pedalaman Kalimantan terkhusus warga Dayak.

Akar Bajakah dikenal sebagai obat penambah stamina tubuh dan menyembuhkan sejumlah penyakit. Akar bajakah memiliki kandungan metabolit primer dan sekunder.

Metabolit primer merupakan hasil senyawa esensial dari organisme yang terbentuk karena reaksi dan jalur vital demi keberlangsungan hidup. Metabolit primer akan menghasilkan zat glikolisis, siklus tricarboxviic acid (TCA) atau jalur shikimat.

Sedangkan metabolit sekunder merupakan hasil senyawa non esensial yang berguna sebagai pertumbuhan vegetatif. Metabolit ini berperan dari segi adaptif seperti simbiosis, pertahanan, transportasi, dan melindungi tumbuhan dari bahaya patogen.
Senyawa lain yang terkandung dalam kayu bajakah adalah fenolik, flavonoid, tanin, dan saponin di dalamnya. Bahkan rata-rata kandungan fenolik yang ada pada ekstrak batang bajakah mencapai 12,33 mg GAE/g.

Khasiat Kayu Bajakah
1. Menyembuhkan Luka Lebih Cepat

Khasiat akar bajakan pertama adalah mempercepat proses penyembuhan luka. Kandungan senyawa metabolit sekunder seperti flavonoid, tanin, saponin, dan fenol bermanfaat untuk menghilangkan mikroba berbahaya dari tubuh.

Akar bajakah juga memiliki kandungan tanin yang juga berguna untuk melawan bakteri, virus, dan jamur berbahaya dengan cara mempercepat pembekuan darah. Sehingga proses penyembuhan pada luka pun bisa berjalan lebih cepat.
2. Bersifat Antibakteri

Khasiat kayu bajakah kedua adalah mencegah penyebaran infeksi bakteri. Dalam sebuah penelitian menunjukkan manfaat kayu bajakah mencegah infeksi bakteri, khususnya bakteri Escherichia coli.

Manfaat antibakteri akar bajakah berasal dari kandungan senyawa alaminya, seperti flavonoid, saponin, tanin, dan polifenol. Selain itu, manfaat kayu bajakah juga terbukti berfungsi untuk menghambat bakteri seperti Staphylococcus aureus.

3. Mengobati Kanker
Khasiat akar bajakah selanjutnya adalah sebagai penangkal penyakit kronis seperti kanker. Kandungan senyawa flavonoid dalam akar bajakah dapat membantu tubuh mengatur aktivitas sel dan melawan radikal bebas yang dapat menimbulkan stres oksidatif pada tubuh.

Meski demikian, perlu penelitian lebih lanjut terkait dugaan ini. Kementerian Kesehatan RI tidak sepakat dengan penelitian yang sudah pernah dilakukan.

Manfaat kayu bajakah untuk kesehatan tubuh sebagai obat kanker pada manusia masih perlu penelitian lebih lanjut. Namun tidak menutup kemungkinan potensi akar bajakah bisa menjadi obat kanker.

4. Menangkal Radikal Bebas
Kandungan flavonoid bukan hanya sebagai antikanker namun juga berfungsi sebagai penangkal radikal bebas.

Flavonoid merupakan jenis senyawa metabolit sekunder yang paling banyak ditemukan di dalam jaringan tanaman. Selain flavonoid, senyawa lain seperti saponin dalam akar bajakah juga berfungsi sebagai antioksidan.

5. Mencegah Obesitas

Studi yang dipublikasikan dalam jurnal Neurologico Spinale Medico Chirurgico mengatakan bahwa konsumsi ekstrak kayu bajakah tampala sangat ampuh untuk menurunkan kadar Reactive Oxygen Species (ROS) yang terjadi pada tikus yang mengalami obesitas.

ROS meurpakan molekul yang memberi sinyal pada sel untuk melakukan proses biologis normal. Apabila kadar ROS tinggi, maka berhubungan erat dengan obesitas. ekstrak kayu bajakah juga mampu menurunkan berat lemak visceral atau lemak aktif secara efektif.

Cara Mengonsumsi Akar Bajakah
Akar bajakah biasanya dikonsumsi sebagai bahan minuman. Dilansir dari berbagai sumber, berikut cara mengonsumsi akar bajakah dengan tepat:

1. Potong-potong batang kayu bajakah hingga berukuran kecil.

2. Jemur pada tempat yang terkena sinar matahari langsung hingga benar-benar kering.

3. Tumbuk akar bajakah hingga halus sampai menjadi bubuk. Kemudian simpan ke dalam wadah kering dan tertutup.

4. Kemudian, seduh bubuk kayu bajakah dengan air panas dengan perbandingan 1 gram (g) bubuk akar bajakah dilarutkan dalam 500 mililiter (ml) air.

5. Setelah diseduh, minuman akar bajakah siap dikonsumsi.

Efek Samping Akar Bajakah
Pada dasarnya tidak semua obat herbal bebas efek samping. Begitu pun dengan obat-obatan tradisional yang menggunakan kayu bajakah juga berpotensi menghasilkan masalah kesehatan. Yang bisa saja timbul dari efek samping kayu bajakah.

Dilansir dari Theguardian berdasarkan kajian yang diterbitkan Medical Journal of Australia, efek samping kayu bajakah dapat menyebabkan gagal ginjal dan kerusakan lever pada beberapa pengguna.

Hal ini diduga karena beberapa obat mengandung senyawa kimia beracun atau logam berat atau bahkan bisa bereaksi secara negatif dengan obat yang sedang digunakan.

 

#Kesehatan

Index

Berita Lainnya

Index