TNI AL Evakuasi Kapal Bermuatan Ikan Kandas Tabrak Karang

TNI AL Evakuasi Kapal Bermuatan Ikan Kandas Tabrak Karang
Patkamla Lobam 1-4-07 bantu evakuasi KM Garuda Jaya 8 yang kandas menabrak karang, di Perairan Pulau Ngenang, Batam, pada Jumat (08/09). (transkepri.com/adri)

GLOBALKEPRI.COM.BATAM - Kapal Patroli Keamanan laut (Patkamla) Lobam 1-4-07 bantu evakuasi Kapal Motor (KM) Garuda Jaya 8 yang kandas menabrak karang, di Perairan Pulau Ngenang, Batam, pada Jumat (08/09).

Komandan Lantamal IV, Laksamana Pertama TNI Tjatur Soniarto mengatakan , kapal yang bermuatan 70 fiber ikan dan es ini awalnya bergerak dari Kijang, Kabupaten Bintan menuju Punggur, Kota Batam. Namun, saat berlayar kapal Garuda Jaya 8 terbawa arus surut di perairan Ngenang, Batam, sehingga kapal naik keatas karang, yang mengakibatkan kapal miring dan air mulai masuk kedalam palka kapal.

"Situasi saat ini kapal masih posisi kandas dan miring untuk anak buah kapal (ABK) dalam keadaan selamat dan muatan kapal sudah dipindahkan menggunakan pompong dibawa ke plantar yang berada di Punggur," jelas Danlantamal IV, Sabtu (09/09).

Terpisah, Dansatrol Lantamal IV, Letkol Laut (P) Arif Rahman melaporkan, perkembangan proses evakuasi telah dilakukan KM Temborak Laut agar kapal KM Garuda Jaya 8 dapat keluar dari area kandas. Namun, belum membuahkan hasil.

Sambil memantau jalannya evakuasi, Patkamla Lobam tetap melaksanakan tindakan pengamanan di sekitar tempat kejadian. (adri)
 

#Kepri

Index

Berita Lainnya

Index