Ratusan Pelaku Ekonomi Kreatif Pelatihan Kabupaten Kreatif

Ratusan Pelaku Ekonomi Kreatif Pelatihan Kabupaten Kreatif
Menparekraf/Kabaparekraf Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri Workshop Kabupaten/Kota Kreatif (KaTa Kreatif), di Plaza Lagoi Bay, Bintan, Minggu (17/09) diskominfo kepri

GLOBALKEPRI.COM.BINTAN - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri Workshop Kabupaten/Kota Kreatif (KaTa Kreatif), di Plaza Lagoi Bay, Bintan, Minggu (17/09).

Dalam keterangannya, Sandiaga Uno menyampaikan apresiasinya terhadap dukungan pemerintah daerah, baik Provinsi Kepulauan Riau maupun Kabupaten Bintan, yang telah mendukung ratusan pelaku ekonomi kreatif dalam mendapatkan pelatihan melalui workshop Kabupaten Kreatif. Dia mengungkapkan bahwa Bintan saat ini telah menjadi salah satu destinasi tiga besar wisatawan mancanegara di Indonesia.

"Kami berharap Kepulauan Riau dapat menghasilkan produk ekonomi kreatif yang membuka peluang usaha dan lapangan kerja yang besar. Semua produk yang saya lihat sudah bagus, dan tentunya membutuhkan pendampingan agar semakin berkualitas," kata Menteri Sandiaga Uno.

Lebih lanjut, Sandiaga Uno menjelaskan bahwa konsep "kreatif" dalam KaTa Kreatif dirancang untuk menerima masukan dari pelaku ekonomi kreatif dan memperkuat ekosistem tersebut. Ia juga mengumumkan rencana pelatihan khusus untuk bedah desain dan kemasan produk ekonomi kreatif.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Kepri, Adi Prihantara, yang turut hadir dalam acara tersebut, mengucapkan terima kasih kepada Menteri Sandiaga Uno atas inovasi yang luar biasa dalam mendukung UMKM kreatif. Ia berharap produk UMKM kreatif Bintan dapat bersaing baik di tingkat nasional maupun internasional.

"Dukungan dan pendampingan dari Kementerian Pariwisata tentu sangat kita butuhkan untuk benar-benar memberdayakan ekonomi kreatif di Kepri menjadi lebih maju dan dapat bersaing," kata Adi Prihantara.

Program Pengembangan Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif bertujuan untuk menggali, memanfaatkan, dan mengembangkan ekonomi kreatif yang menjadi unggulan daerah. Program ini juga bertujuan untuk membangun kesadaran dan komitmen dari semua pemangku kepentingan, sehingga tercipta ekosistem pengembangan Kabupaten/Kota Kreatif yang kondusif.

Diharapkan kegiatan ini dapat mendorong kolaborasi yang lebih kuat di antara pemangku ekonomi kreatif dan memperkuat peran mereka dalam perekonomian daerah.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Bintan Roby Kurniawan,  Wakil Bupati Bintan Ahdi Muqsith, Sekretaris Daerah Kabupaten Bintan Rony Kartika, Plt. Kepala Dinas Pariwisata Kepri Luki Zainan Prawira, dan sejumlah pejabat teras Kementerian Pariwisata RI. 
 

#Kepri

Index

Berita Lainnya

Index