Kabut Asap Selimuti Batam dan Tanjungpinang, Kualitas Udara Status Kuning

Kabut Asap Selimuti Batam dan Tanjungpinang, Kualitas Udara Status Kuning
Kondisi udara di Kota Batam, akibat asap kiriman, Sabtu (7/10/2023). (Foto: Aldy)

GLOBALKEPRI.COM.BATAM - Kabut asap kiriman dari berbagai daerah di Sumatera, membuat kualitas udara di Kepri, khususnya Batam dan Tanjungpinang sedang tidak baik-baik saja.

"Saat ini (pukul 09.00 WIB) kondisi jarak pandang di Bandara Hang Nadim 4,5 Km (berasap), itu masuk kategori warna kuning," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDB) Kepri, Muhammad Hasbi, melalui sambungan telepon, Sabtu (7/10/2023).

Hasbi menjelaskan, Kategori Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU) di Kepri, masuk dalam kategori tidak sehat, khususnya Batam dan Tanjungpinang. Di mana, nilai indeks kualitas Batam di angka 126, dan Tanjungpinang 123.

Berdasarkan sumber dari KLHK, untuk standar warna, Hijau (0-50) baik, Biru (51-100) sedang, Kuning (101-200) tidak sehat, Merah (201-300) sangat tidak sehat, Hitam (>=300) berbahaya. "Artinya, untuk penerbangan dan pelayaran itu masih aman. Namun, keputusan terkait itu, adalah wewenang dari otoritas Bandara dan pelabuhan," ungkap Hasbi.

Sementara untuk Bandara Matak Kabupeten Anambas, jarak pandang hanya berada pada kisaran 3 Km. Berbeda dengan Kabupaten Natuna, Lingga dan Karimun, saat ini cuaca masih cerah dan berawan.

"Untuk masyarakat Batam dan Tanjungpinang, kami imbau, bagi yang akan berkaktivitas di luar, baiknya menggunakan masker," pungkasnya.(batamtoday.com)
 

#Kepri

Index

Berita Lainnya

Index