Yordania Vs Korsel: Prajurit Taegeuk Keok, Chivalrous ke Final Piala Asia

Yordania Vs Korsel: Prajurit Taegeuk Keok, Chivalrous ke Final Piala Asia
Timnas Yordania lolos ke Final Piala Asia 2023 usai kalahkan Korea Selatan (REUTERS/RULA ROUHANA)

GLOBALKEPRI.COM.Al RAYYAN - Timnas Yordania melaju ke Final Piala Asia 2023. Ini setelah The Chivalrous mengalahkan Pejuang Taegeuk dari Korea Selatan 2-0.

Sejak menit awal laga semifinal Piala Asia 2023 di Ahmed bin Ali Stadium, Selasa (6/2/2024) malam WIB, Yordania sudah tancap gas untuk menekan Korsel. Pada menit keempat, Yordania mendapat peluang lewat Nizar Mahmoud Al-Rashdan tapi tembakannya bisa ditepis kiper Korsel Jo Hyeong-woo.

Yordania terus menekan Korsel yang kesulitan menciptakan peluang sepanjang babak pertama. Korsel sempat mencetak gol pada menit ke-19 lewat kapten Son Heung-min tapi dianulir karena terjebak offside.

Korsel juga mendapat penalti pada menit ke-28 setelah Seol Young-Woo dilanggar di kotak terlarang. Tapi, VAR membatalkan penalti itu karena Seol melanggaran Yazan Alarab.

Pada menit ke-32, Korsel bikin peluang lagi lewat Lee Jae-sung tapi bola tandukannya menerpa tiang. Pada menit ke-44, Yordania mendapat dua peluang lewat Yazan Al-Naimat tapi semuanya bisa digagalkan kiper Korsel.

Skor 0-0 mengirim kedua tim menuju ruang ganti.

Masuk di babak kedua, Yordania yang memegang kendali permainan lagi. Delapan menit berselang, Yordania membuka keunggulan lewat Yazan Al-Naimat.

Diawali kesalahan pemain Korsel dalam mengoper bola di daerah sendiri, Mousa Al-Taamari merebutnya dan menggiring mendekati kotak penalti. Dia mengoper kepada Al-Naimat yang menuntaskan dengan sepakan cungkil melewati adangan Jo Hyeong-woo.

Keunggulan itu membuat Yordania bermain lebih trengginas dan tidak memberikan kesempatan Korsel untuk mengembangkan permainan.

Al-Taamari kemudian membuat Yordania menjauhkan keunggulan 2-0 pada menit ke-66. Al-Taamari melakukan solo run dari sisi kanan dan melewati adangan dua pemain Korsel, sebelum menembak dari luar kotak penalti dan bola bersarang di tiang jauh.

Setelah itu, Yordania lebih banyak menunggu Korsel menyerang dan memainkan serangan balik. Pertahanan solid Yordania membuat Korsel kesulitan menembusnya.

Mereka bahkan tidak punya shot on target sama sekali sampai 90 menit waktu normal habis. Skor 2-0 tak berubah dan Yordania berhak melaju ke final pertamanya di Piala Asia.

Tim asuhan Adnan Hamad itu menunggu pemenang partai Iran vs Qatar besok.(detik.com)

 

#Olahraga

Index

Berita Lainnya

Index