PIALA THOMAS

Ginting Kalahkan Zhao Jun, Indonesia Memimpin 1-0 Atas China

Ginting Kalahkan Zhao Jun, Indonesia Memimpin 1-0 Atas China
Anthony Ginting

GLOBALKEPRI.COM.JAKARTA- Anthony Ginting berhasil mengalahkan Zhao Jun Peng, 21-12, 25-27, 21-17 sekaligus membawa Indonesia unggul 1-0 atas China dalam laga Thomas Cup, Kamis (12/5).

Ginting memulai duel lawan Zhao Jun Peng dengan baik. Ginting memperoleh enam poin beruntun dan memimpin dengan skor 6-0.

Kendali permainan masih bisa dipegang dengan baik setelah momen tersebut. Ginting unggul 7-2 dan punya selisih tujuh poin, 11-4 pada interval gim pertama.

Selepas interval, Ginting langsung menggebrak dengan torehan dua poin beruntun. Ginting lalu sukses memperlebar selisih menjadi delapan angka pada kedudukan 16-8.

Serangan-serangan agresif terbukti ampuh di gim pertama. Smes Ginting ke arah forehand Zhao Jun Peng membuat Ginting memimpin 19-9.

Ginting lalu meraih game point di angka 20-12 setelah memenangkan adu drive lawan Zhao Jun Peng. Ginting langsung memaksimalkan kesempatan pertama untuk menutup gim pertama. Pukulan Ginting ke arah baseline masih masuk di dalam lapangan.

Masuk ke gim kedua, Zhao Jun Peng coba memberikan tekanan lebih baik pada Ginting. Ginting mampu membalas hal itu dengan respons yang baik.

Variasi serangan Ginting masih efektif menembus pertahanan Zhao Jun Peng. Ginting memimpin 7-3 dan berlanjut menjadi 9-5.

Zhao Jun Peng kemudian bisa meraih tiga poin beruntun yang membuatnya mendekat di angka 8-9, tetapi kemudian ia melakukan kesalahan servis yang memberi keuntungan bagi Ginting.

Ginting memimpin 10-8 dan memimpin dua angka, 11-9 di saat interval gim kedua.

Selepas interval, Ginting berusaha keras untuk menjaga momentum. Ginting sempat menciptakan keunggulan lima angka pada 14-9, tetapi Zhao Jun Peng lalu merebut dua angka beruntun sebagai balasan.

Walaupun Zhao Jun Peng coba bangkit, Ginting terus merespons dengan serangan balasan. Smes ke sisi backhand Zhao Jun Peng membuat Ginting unggul 16-12.

Serangan Zhao Jun Peng dan dua pukulan Ginting yang keluar membuat Ginting yanga punya keunggulan satu angka, 16-15.

Skor kemudian imbang pada angka 16-16 saat smes Ginting membentur net. Zhao Jun Peng lalu memegang keunggulan pada 17-16 setelah Ginting sempat kehilangan keseimbangan saat mengejar shuttlecock.

Ginting lalu menyamakan skor menjadi 17-17 lewat smes keras ke sisi forehand Zhao Jun Peng. Serangan Ginting berhasil membuahkan poin pada dua kesempatan berikutnya. Ginting unggul dua angka pada skor 19-17.

Zhao Jun Peng kembali menekan dan merebut dua poin beruntun yang membuat skor imbang pada angka 19-19.

Pukulan Ginting di depan net membuat ia meraih match point di angka 20-19. Pukulan Ginting yang membentur net membuat laga berlanjut ke setting.

Zhao Jun Peng lalu berbalik mendapat game point di angka 21-20 setelah pukulan Ginting kembali membentur net.

Ginting lalu sukses menyamakan angka, 21-21 setelah pukulan Zhao Jun Peng keluar.

Smes Ginting yang keluar membuat Zhao Jun Peng mendapat game point kedua di angka 22-21. Ginting lalu berhasil menggagalkan kesempatan itu dengan serangan agresif.

Ginting meraih match point berikutnya di angka 23-22 ketika smes ke arah forehand membuahkan poin. Kesempatan ini lagi-lagi gagal karena pukulan Ginting keluar.

Zhao Jun Peng berbalik meraih game point di angka 24-23 tetapi servis yang gagal membuat skor kembali imbang 24-24.

Netting tipis mengantar Ginting meraih match point di kedudukan 25-24 yang lagi-lagi bisa dimentahkan oleh Zhao Jun Peng.

Zhao Jun Peng mendapat game point di angka 26-25 dan memaksakan terjadinya rubber game lewat kemenangan 27-25 di gim kedua.

Masuk ke gim penentuan, Ginting sempat tertinggal 1-5. Ginting lalu menunjukkan kegigihan dan berhasil menyamakan skor di angka 7-7.

Ginting berhasil berbalik unggul di angka 9-8 dan akhirnya menutup interval dengan keunggulan 11-9.

Selepas interval, Zhao Jun Peng sempat menyamakan skor menjadi 11-11. Tetapi Ginting memberikan balasan bagus lewat catatan tujuh poin beruntun.

Serangan-serangan Ginting melalui smes maupun netting bisa membuat Zhao Jun Peng tidak berdaya. Ginting memimpin dengan skor 18-11.

Zhao Jun Peng lalu memberikan balasan dengan merebut enam angka beruntun yang membuat skor berubah jadi 17-18.

Ginting lalu bisa menghentikan poin beruntun Zhao Jun Peng sekaligus memperlebar selisih poin menjadi dua angka, 19-17 lewat serangan beruntun yang membuat Zhao Jun Peng jatuh bangun.

Keunggulan Ginting dalam adu drive membuat Ginting meraih match point di angka 20-17. Netting silang menyelesaikan perlawanan Zhao Jun Peng di laga tersebut.

Indonesia unggul 1-0 atas China. **

Berita Lainnya

Index