Wan Zuhendra Sang Suksesor, Pengabdian Tanpa Batas di Bumi Anambas

Wan Zuhendra Sang Suksesor, Pengabdian Tanpa Batas di Bumi Anambas
Wakil Bupati Anambas,Wan Zuhendra dan Isteri, Ny Idarwati. (ist)

GLOBALKEPRI.COM, ANAMBAS-Siapa yang tak mengenal sosok Wan Zuhendra. Ketika menyebut nama pria kelahiran 13 Juni 1973 yang di hari ini berulang tahun tentu kita akan mengetahui bahwa ia adalah wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA)  saat ini.  

Bang Adek Panggilan akrab Wan Zuhendra merupakan salah satu tokoh sentral lahirnya  Kabupaten Kepulauan Anambas, tak hanya itu lahirnya Provinsi Kepulauan Riau juga ada Andil tangan dingin suami Idarwati ini.


20 Tahun mengabdi untuk Masyarakat Anambas

Wan Zuhendra bukanlah nama  yang hadir saat Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) akan digelar, namun pada hari ini di umur 51 tahun hidupnya, 20  tahun diantaranya  digunakan untuk mengabdi kepada masyarakat, memperjuangkan hak-hak mereka yang tertepikan sehingga tanpa sadar meningkatlah taraf hidupnya.

Masuknya Wan Zuhendra kekancah politik dengan duduk sebagai Anggota DPRD Kabupaten Natuna  Priode  2004-2009 sejatinya menjadi momentum awal perjuangan tanpa henti, dengan posisinya sebagai Wakil Ketua  DPRD Natuna dia menjadi sentral mekarnya Kabupaten Kepulauan Anambas. Tentunya saat itu, ditopang  dengan  perjuangan tanpa henti suruh elemen yang ada serta keinginan masyarakat yang termarjinalkan,  tertasbihlah Anambas menjadi Kabupaten termuda terbungsu di Provinsi Kepri. 
Setelah mekarnya Kabupaten Kepulauan Anambas pada tanggal 24 Juni 2008, dan dipenghujung 2009 bersama 7 anggota DPRD Anambas Wan Zuhendra kembali ketanah kelahiran yang telah membesarkan dan mempatrikan dirinya menjadi tokoh tak tergantikan Dimata masyarakat.

Bahkan dikarir Politik Wan sendiri telah dua kali duduk sebagai Wakil Ketua DPRD baik itu di Natuna ataupun di Anambas. Di Anambas sendiri Wan menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Priode 2014-2015. Ayah Wan Rafii Rafata itu mundur karena maju pada Pilkada mendampingi Bupati Anambas saat ini H. Abdul Haris, SH, MH.

Kesetiaan Tanpa Batas dan Berpengalaman Dalam Membangun

Berbicara kesetiaan sosok Wan Zuhendra sangat luar biasa, tak tanggung-tanggung pria yang memang digadang-gadang menjadi suksesor  H. Abdul Haris, SH, MH, mendampingi Bupati hingga 10 tahun  akhir kepemimpinannya.

Kesetiaan itu semakin teruji dan terbukti nyata saat Pilkada 2019 silam dimana didaerah maupun kabupaten/kota  lain terjadi perpecahan antara Bupati dan Wakil Bupati yang bersaing dalam kontestasi namun di Anambas  Haris-Wan tetap bersama  maju  serta menciptakan bermadah jilid II.


Dengan kemampuan serta pengalaman yang ada  pada Anak ke dua pasangan  Almarhum Wan Idris dan  Almarhumah Amsina menjadikannya  figur terbaik dan   paling pantas untuk menjadi suksesor  kepemimpinan Anambas kedepan.

Sukses Membangun di Tengah Badai Covid 19

Terpaan Badai  Covid 19 yang melanda sejak 2020 silam yang dampaknya masih dirasakan saat ini bagi seluruh bangsa Indonesia, tak menjadi penghambat dalam pembangunan di Kabupaten Kepulauan Anambas. Bahkan dengan kepiawaiannya bersama Bupati KKA proyek-proyek strategis tetap terlaksana, dari mulai Masjid Agung Baitul Makmur sebagai ikon wisata Relegi kemudian jalan SP II yang luar biasa, dan terbukanya akses jalan tak hanya di tiga pulau besar namun diseluruh kecamatan menjadi salah satu faktor bangkitnya kabupaten kepulauan Anambas yang memiliki daya saing dengan daerah lain yang telah lama jadi.

Tak hanya itu misi merangkai pulau juga hampir tertuntaskan dengan adanya Roro penyebrangan untuk memudahkan akses masyarakat.

Sejatinya banyak hal yang telah tercipta bak magic untuk daerah ini,  dan apabila diceritakan kurang waktunya dalam semalam, banyak lagi yang telah dilakukan demi memperjuangkan pembangunan di tanah kelahirannya. Karena sosok Ketua DPC PDIP KKA, tetap bersahaja meski tangan dinginya telah membangunkan tanpa henti dari semua aspek, namun ia tidak Jumawa, ibarat pepatah Padi makin berisi makin menunduk itulah dia Wan Zuhendra.Se.

“SELAMAT ULANG TAHUN KE-51 SANG SUKSESOR” !!!


Wan Zuhendra : Yok Kayoh Wak Sutset Bangun Anambas

Lahir: 13 juni 1973 (51 tahun).

Istri.    : Idarwati

Anak.  : Wan Rafii Rafata

Ayah.   : Wan Idris

ibu.       : Amsina

Kakak.   : Wan Ardiansyah

Adik.       : Wan Yulianica


PENGALAMAN DAN KARIER


-Wakil bupati (2016-2021, 2021-2024)

Wakil Ketua 1 DPRD Kab.Anambas (2014-2015)

Anggota DPRD Kab.Natuna (2009-2014)

Wakil Ketua 1 DPRD (2004-2009)

 

PENDIDIKAN
 

SD Negeri 001 Terempa (1980-1986)

SMP Negeri 1 Terempa (1986-1989)

SMA Negeri Terempa (1989-1992)

S1 ADMINISTRASI PUBLIK (2019-2023)

 

#Kepri

Index

Berita Lainnya

Index