Diskominfotik Anambas Luncurkan Inovasi SRISIANTAN, Fitur Pengembangan Dari ASIS

Diskominfotik Anambas Luncurkan Inovasi SRISIANTAN, Fitur Pengembangan Dari ASIS
Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris bersama Kepala Diskominfotik Anambas Jeprizal menekan touch screen tanda peluncuran inovasi SRISIANTAN berbasis website di Kantor Bupati Anambas, Jumat (27/9/2024).

GLOBALKEPRI.COM,  ANAMBAS - Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik (Diskominfotik) Kabupaten Kepulauan Anambas melakukan inovasi untuk mempercepat sistem Organisasi Perangkat Daerah (OPD) berbasis elektronik.

Diskominfotik merancang proyek perubahan (proper) strategi dengan memanfaatkan digitalisasi berbasis website. Tujuannya untuk mengintegrasikan layanan digital sistem pemerintah agar efesien.

Inovasi percepatan layanan sistem berbasis elektronik ini menjawab persoalan yang dihadapi OPD Anambas, dan tantangan masa depan dalam memberikan layanan prima bagi masyarakat.

Inovasi ini ditangkap Diskominfotik Anambas dengan meluncurkan "SRISIANTAN" alias Strategi Integrasi Manajemen Layanan Informasi berbasis website.

SRISIANTAN merupakan fitur pengembangan dari Anambas Singgle Informasi System (asis.anambaskab.go.id).

Kepala Diskominfotik Anambas, Jeprizal mengatakan, inovasi SRISIANTAN berbasis website ini masih dalam tahap uji coba.

Nantinya inovasi digital ini disiapkan secara berkelanjutan jangka pendek, menengah dan jangka panjang.

Secara detail, rancangan aksi perubahan kinerja OPD dengan website SRISIANTAN ini bermanfaat untuk melayani permintaan penanganan jaringan internet perkantoran baik RSUD, Sekolah, Puskesmas dan Kantor Desa.

Selanjutnya, pengaduan layanan sinyal 4G operator bekerja sama dengan operator terkait, registrasi tanda tangan elektronik (TTE), pendaftaran email resmi @anambaskab.go.id.

Kemudian permintaan layanan live streaming kegiatan OPD, permintaan layanan zoom meeting dan mengintegrasikan layanan yang ada di OPD dalam satu aplikasi.

"Jadi SRISIANTAN ini pengembangan dari ASIS. Kita perlu masuk dulu ke aplikasi asis berbasis website ini. Nah SRISIANTAN ini fitur yang ada di dalamnya. Sekarang masih dalam tahap uji coba, ke depan akan disempurnakan. Nantinya OPD maupun masyarakat bisa mengakses layanannya," ujar Jeprizal, Jumat (27/9/2024).

Untuk jangka pendek, inovasi proyek perubahan ini akan membentuk tim efektif penyusunan proses bisnis SRISIANTAN, FGD SRISIANTAN, penyusunan surat keputusan dan SOP SRISIANTAN hingga sosialisasi melalui podcast.

"Nah sekaligus yang berjalan hari ini launchingnya dan selanjutnya akan ada pembangunan satu titik free wifi taman bermadah," ucapnya.

Sementara itu, Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris menyambut baik inovasi digital yang dihadirkan Diskominfotik Anambas.

Menurutnya, inovasi aksi perubahan untuk mempercepat sistem pemerintahan berbasis elektronik ini sudah menjadi keharusan pemerintah untuk menghadirkan layanan yang efektif, efesien dan transparan.

"Melalui peluncuran SRISIANTAN yang digagas Pak Jeprizal ini, kiranya dapat mempercepat proses birokrasi dan meningkatkan aksesibilitas layanan prima pemerintah," tuturnya.

Ia berharap, inovasi SRISIANTAN ini dapat dilegitimasi melalui peraturan daerah yang diusulkan kepada DPRD Anambas.

"Jika telah diatur dalam ketentuan, maka inovasi ini tidak hanya sebatas formalitas saja, tapi ada keseriusan untuk nantinya diterapkan dan dimanfaatkan. Usulan itu bisa dari pemerintah atau dari legislatif itu sendiri," pungkasnya.

 

#Kepri

Index

Berita Lainnya

Index