Pemkab Bintan Kembali Gelar Job Fair, Sekda Ronny Kartika Apresiasi Penurunan Angka Pengangguran

Pemkab Bintan Kembali Gelar Job Fair, Sekda Ronny Kartika Apresiasi Penurunan Angka Pengangguran
Sekda Bintan, Ronny Kartika, saat membuka Job Fair di SMKN 1 Gunung Kijang, Jumat (18/10/2024). (Ist)

GLOBALKEPRI.COM, BINTAN - Pemerintah Kabupaten Bintan kembali menyelenggarakan Job Fair di SMKN 1 Gunung Kijang untuk membantu lulusan SMK dan SMA dalam mempersiapkan diri memasuki dunia kerja, Jumat (18/10/2024).

Acara ini menghadirkan 16 perusahaan dari berbagai sektor, mulai dari industri, perhotelan, hingga ritel. Job Fair dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Bintan, Ronny Kartika.

Ronny mengapresiasi Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau dan SMKN 1 Gunung Kijang atas penyelenggaraan acara ini. Menurutnya, kegiatan ini mendukung visi dan misi Kabupaten Bintan dalam membuka akses informasi terkait lowongan pekerjaan serta memperluas peluang kerja di wilayah tersebut.

Ronny juga menyoroti keberhasilan Kabupaten Bintan dalam menurunkan angka pengangguran. Data Dinas Tenaga Kerja Bintan menunjukkan bahwa pada tahun 2023, 61 persen tenaga kerja yang diserap di perusahaan-perusahaan lokal merupakan penduduk Bintan. Dari 2.334 orang yang diterima bekerja, sebanyak 1.379 orang adalah warga ber-KTP Bintan.

"Job Fair ini adalah bagian dari upaya Pemerintah Daerah untuk terus memperluas lapangan pekerjaan. Kami sangat konsisten dalam hal ini," ujar Ronny.

Sebelumnya, Pemkab Bintan juga mengadakan Job Fair di PT Bintan Alumina Indonesia (BAI) yang berhasil menerima 354 orang dari 1.010 pelamar, dengan 80 persen di antaranya adalah warga Bintan.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) Kepulauan Riau, angka pengangguran di Bintan telah menurun selama tiga tahun terakhir, dari 8,62 persen pada 2021 menjadi 5,43 persen pada 2023. Selain itu, jumlah perusahaan yang berkomitmen memprioritaskan tenaga kerja lokal melalui MoU dengan Pemkab Bintan meningkat dari 17 perusahaan pada tahun 2023 menjadi 31 perusahaan pada 2024.

"Pada 2024, kami telah menandatangani MoU dengan 14 perusahaan tambahan, sehingga sekarang totalnya ada 31 perusahaan yang siap memprioritaskan tenaga kerja lokal sesuai dengan keahlian yang dibutuhkan," tambah Ronny.

Program ini sejalan dengan upaya Pemkab Bintan untuk memastikan perusahaan di wilayah tersebut berperan dalam memberikan kesempatan kerja kepada putra-putri daerah sesuai dengan kualifikasi dan kebutuhan pasar kerja.

#Kepri

Index

Berita Lainnya

Index