Begini Kans Indonesia Lolos ke Putaran Final Piala Asia 2023

Begini Kans Indonesia Lolos ke Putaran Final Piala Asia 2023
Piala Asia 2023

GLOBALKEPRI.COM.KUWAIT- Indonesia kalah 0-1 dari Yordania di matchday kedua Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 yang berlangsung di Stadion Internasional Jaber Al-Ahmad, Kuwait City, Minggu (12/6/2022) dini hari WIB. Meski kalah, Timnas Indonesia masih berpeluang lolos ke Piala Asia 2023, berikut hitung-hitungannya.

Saat ini, Timnas Yordania masih memuncaki klasemen sementara Grup A dengan enam poin. Sementara itu, Timnas Indonesia dan Kuwait sama-sama mengoleksi tiga poin dan menempati posisi dua dan tiga.

Timnas Indonesia menempati posisi yang lebih baik ketimbang Kuwait karena unggul head-to-head. Sekadar diketahui, Timnas Indonesia menang 2-1 atas Kuwait di pertemuan pertama.

Setelah kalah dari Yordania, skuad Garuda bisa lolos ke Piala Asia 2023 tinggal melalui satu jalur, yakni lima runner-up terbaik. Untuk merebut status lima runner-up terbaik, Timnas Indonesia wajib menang atas Nepal, plus berharap Kuwait bermain imbang atau kalah dari Yordania di matchday pamungkas.

Tidak sampai di situ, skuad Garuda juga wajib berharap di grup lain, posisi runner-up nya gagal menyentuh enam angka. Terdapat situasi yang menguntungkan Timnas Indonesia. Keuntungan tersebut datang dari penampakan klasemen di Grup B.

Palestina menduduki pemuncak klasemen sementara Grup B dengan koleksi enam poin, di bawahnya terdapat Filipina dengan empat poin, Yaman dengan satu poin dan Mongolia dengan nol poin. Jika Palestina mengalahkan Filipina di laga pamungkas, maka runner-up di Grup B hanya memiliki perolehan akhir empat poin.

Yaman juga hanya mengoleksi empat poin meski berhasil menang atas Mongolia di matchday pamungkas Grup B. Situasi itu tentu amat menguntungkan bagi Timnas Indonesia. Selain kalah, Filipina juga bakal gagal merebut lima runner-up terbaik jika imbang bermain imbang kontra Palestina.

(Yordania selangkah lagi lolos ke Piala Asia 2023)

Sebab, Timnas Indonesia masih bisa mengoleksi enam poin andai menang atas Nepal, plus dengan harapan Kuwait gagal menang atas Yordania.

Meski begitu, Timnas Indonesia pantang meremehkan Nepal. Sebab, Nepal akan bermain tanpa beban lantaran kans mereka untuk lolos ke Piala Asia 2023 sudah tertutup, setelah tumbang 0-2 dari Yordania dan dibantai Kuwait 1-4.

Laga Timnas Indonesia kontra Nepal akan dilangsungkan pada Rabu 15 Juni 2022 pukul 02.15 WIB. Pertandingan tersebut akan dihelat di Stadion Internasional Jaber Al-Ahmad, Kuwait City. **

#Olahraga

Index

Berita Lainnya

Index